Yuk Rawat Kulit Sensitifmu

Kulit adalah bagian terluar tubuh yang membungkus semua bagian tubuh lainnya. Khusus di bagian wajah, kulit pada orang tertentu jika tidak dirawat secara bersih dan sehat akan menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat yang terus bertambah. Namun, tahukah Anda jika kulit wajah mempunyai jenis yang berbeda-beda pada tiap orang.

Jenis kulit? Apa saja ya?

Kulit bagian wajah dibagi menjadi 3 jenis yaitu kulit kering atau kasar, kulit berminyak dan kulit normal. Jika Anda mempunyai jenis kulit normal, maka sudah tentu Anda sangat beruntung. Namun, akan berbeda halnya jika kulit wajah Anda termasuk kulit yang sensitif, baik itu sensitif berminyak atau sensitif kering dan kasar. Butuh formula khusus dalam perawatannya.

Yuk kenali kulit sensitifmu dan bagaimana mengatasinya:

  • Kulit sensitif berminyak

Kulit berminyak dipengaruhi oleh hormon yang menyebabkan minyak berlebih pada wajah. Maka produk yang cocok untuk jenis kulit ini adalah yang berbahan dasar jeruk atau memiliki kandungan jeruk. Namun tidak disarankan menggunakan buah jeruk asli secara langsung, karena kandungan asamnya yang masih terlalu kuat akan membuat perih wajah Anda.

  • Kulit sensitif kering dan kasar

Berbeda dengan kulit berminyak, kulit kering dan kasar cenderung kaku. Hal ini disebabkan kulit yang dehidrasi karena kehilangan kelembapannya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan lidah buaya baik secara alami atau produk berbahan lidah buaya. Selain lidah buaya, Anda bisa menggunakan mentimun, bengkoang dan tomat.

Kedua jenis kulit tersebut memang membutuhkan perawatan khusus dan tidak bisa sembarang dalam memilih produk perawatan. Jika Anda tidak terlalu suka menggunakan produk buatan pabrik karena campuran bahan kimia, Anda bisa membuat masker dengan bahan alami. Namun sebelum Anda membuatnya, cari tahu terlebih dahulu kandungan apa yang ada dalam bahan tersebut dan apakah cocok untuk kulit Anda.

Lebihnya, untuk hasil lebih bagus Anda bisa menambahkan susu murni atau madu dalam campuran bahan masker alami Anda. Kandungan kedua bahan ini sangat bagus untuk kulit dan bisa membuat kulit Anda lebih sehat, kenyal dan bersih.