Upaya Pencegahan Jerawat Pada Bayi

Jerawat pada bayi baru lahir tentunya menjadi hal yang jarang dipahami sebab akibatnya namun sering dijumpai atau dialami oleh kebanyakan masyarakat atau orang awam, terkadang beberapa orang menganggapnya sebagai reaksi gatal. Mari kita diskusikan sehingga bisa menambah wawasan terutama bagi para ibu. Belum diketahui secara jelas dan pasti penyebab yang melatar belakangi mengapa bayi bisa berjerawat, namun beberapa peneliti menduga hal ini terjadi karena hormon yang diterima bayi dari si ibu. Namun bisa saja karena efek samping dari beberapa produk perawatan kulit bayi yang menghalangi pori-pori kulit wajah. Jerawat pada bayi biasanya terjadi selama beberapa minggu pada satu sampai empat minggu pertama setelah bayi lahir. Terkadang juga bisa muncul sampai dua bulan pertama setelah bayi lahir dan akan hilang dengan sendirinya. Jerawat ini akan membuat si bayi merasa tidak nyaman jika wajah kotor karena air liur, keringat, atau sisa-sisa makanan yang bisa menimbulkan iritasi oleh karena itu sangat penting bagi ibu untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi.

Bagaimana Upaya Pencegahan Jerawat Pada Bayi Baru Lahir?

Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis jerawat pada bayi baru lahir yang biasa muncul pada bayi seperti newborn acne terjadi pada bayi yang baru lahir. Jerawat jenis ini diderita sekitar 30% bayi yang baru dilahirkan dan tergolong jenis jerawat dengan tingkat ringan dan infantile acne adalah jenis jerawat pada bayi berumur 3–6 bulan. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada bayi yang baru lahir:

  1. Senantiasa menjaga kebersihan kulit bayi terutama pada bagian wajah dengan menggunakan handuk, tetapi hanya sekedar dengan menepuk pada permukaan wajah dan jangan menggosoknya.
  2. Memilih produk perawatan kulit atau sabun bayi secara lebih teliti, seperti memeriksa komposisi bahan dari produk tersebut, termasuk memeriksa tanggal kadaluwarsa produk.
  3. Jangan menggunakan obat anti jerawat secara sembarangan diharapkan untuk para ibu memeriksanya terlebih dahulu ke dokter.

Berikut diatas beberapa upaya yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan jerawat pada bayi baru lahir. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk para ibu untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan bayinya.