Uniknya Lagu Daerah Papua

Papua adalah pulau di Indonesia yang terletak paling diujung timur Indonesia. Salah satu pulau di Indonesia ini cukup menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan suku, ras dan budaya mereka yang masih sangat kental memang sangat menarik perhatian. Tidak jarang para traveller memilih pulau ini sebagai destinasi wisata mereka. Kekhasan lain yang sangat terlihat dari masyarakat Papua adalah baju adat, bentuk rambut dan bahasa mereka. Bahasa Papua memang bisa dikatakan sangat berbeda. Lagu-lagu daerah Papua juga terdengar begitu khas dibandingkan daerah lain. Namun, kumpulan lagu daerah Papua sudah dikenal masyarakat Indonesia.

Apa Saja Lagu Daerah Papua?

Pulau Papua terdiri dari 2 provinsi yaitu provinsi Papua Barat dan Papua Timur. Kedua provinsi ini tentu memiliki perbedaan, salah satunya adalah pada lagu daerah. Namun untuk lagu daerah, masyarakat luar lebih paham bahwa itu adalah lagu daerah Papua, tanpa mengingat Papua Barat atau Timur. Berikut ini adalah kumpulan lagu daerah Papua:

  1. Apuse

Apuse adalah salah satu lagu daerah Papua yang sangat terkenal. Lagu ini hampir diajarkan kepada siswa di sekolah dasar maupun sekolah menengah. Lagu ini mengisahkan seorang anak yang hendak merantau ke pulau seberang dan meminta izin kepada kakeknya.

  1. Sajojo

Saya yakin ana sudah pernah mendengar lagu yang cukup fenomenal ini. Lagu daerah ini biasanya digunakan sebagai musik untuk senam aerobik. Bahkan masyarakat Papua sendiri juga menggunakan lagu ini untuk senam. Padahal, makna dari lagu ini adalah menggambarkan seorang perempuan yang sangat disayangi kedua orang tuanya dan juga dikagumi lelaki di desanya.

  1. Yamko Rambe Yamko

Kumpulan lagu daerah Papua yang tidak kalah terkenal adalah Yamko Rambe Yamko. Musik dari lagu ini memang sangat semangat, karena lagu ini menceritakan kisah orang yang melakukan perang antar suku.

  1. E Mambo Simbo

Lagu ini menceritakan seseorang yang bernama Mambo yang pergi dar kampung.

  1. Wesupe
  2. Rasine Ma Rasine
  3. Diru-diru Nina.