Tulangku Masa Depanku, Ayo Jaga Dari Sekarang

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara pintar dalam menjaga kesehatan tulang. Tulang merupakan salah satu komponen tubuh yang fungsinya sangat penting. Tulang berfungsi sebagai penopang tubuh, tempat melekatnya organ-organ tubuh, pembentuk postur tubuh, serta banyak lagi fungsi tulang yang lainnya. Bagi Anda yang berusia lanjut mungkin beberapa ada yang sudah mengalami keluhan pada tulang seperti nyeri bahkan encok.

Jika terjadi patah tulang pada orang yang telah berusia lanjut, pemulihannya akan sangat lama dibandingkan dengan anak kecil yang mengalami patah tulang. Oleh karena itu penting adanya suatu pencegahan terjadinya penyakit pada tulang sehingga tulang tetap sehat hingga usia lanjut.

Rawat Tulang Mulai Sekarang Sebagai Investasi Untuk Masa Depan

Manusia yang telah berusia lanjut akan mengalami penurunan tinggi badan karena masa tulang yang berkurang apalagi bila sewaktu masa muda tidak merawat tulang. Penurunan tinggi badan ini masih wajar dalam siklus pertumbuhan manusia karena semakin bertambahnya usia, sel-sel yang ada di dalam tubuh juga akan berkurang jumlahnya, termasuk juga pada tulang.

Sangatlah bijak jika mulai mencegah terjadinya penyakit pada tulang mulai dari sekarang agar tidak menyesal saat tua nantinya. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan atau penyakit pada tulang.

  • Konsumsi Minuman atau Makanan yang Kaya Akan Kalsium

Kalsium menjadi salah satu zat yang sangat penting bagi tulang. Oleh karena itu rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah gangguan pada tulang. Susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan kalsium sehingga banyak dipilih oleh masyarakat karena cara mendapatkannya juga mudah.

  • Posisi Duduk yang Tepat

Kebiasaan duduk pun dapat mempengaruhi tulang loh! Jadi usahakan saat Anda duduk pilih kursi yang ergonomis dan bisa menyesuaikan bentuk tulang belakang Anda. Apabila Anda duduk tanpa memperhatikan bentuk tulang belakang bisa menyebabkan penyakit pada bentuk tulang.

  • Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan manusia, sehingga apabila melakukan olahraga secara rutin akan menjadi salah satu bentuk pencegahan penyakit.