Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Dan Janin

Menjadi seorang ibu adalah salah satu dambaan bagi seorang istri. Kebanyakan wanita terutama wanita Indonesia merasa belum sempurna jika belum dikaruniai anak. Ini tentu menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kondisi ibu dan janin akan tetap dalam keadaan yang sehat. Karena seorang ibu hamil tentunya perlu mendapatkan perhatian lebih terutama nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Lantas, Bagaimana Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Dan Janin?

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan sang ibu. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Memperhatikan jumlah energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil

Wanita hamil tentunya membutuhkan jumlah energi yang lebih besar dibandingkan dengan wanita normal. Hal ini disebabkan energi yang diperoleh dari makanan harus dibagi untuk tumbuh kembang si janin. Ini perlu diperhatikan terutama bagi Anda yang masih aktif bekerja selama masa kehamilan. Tidak sedikit dokter yang menyarankan untuk berhenti melakukan pekerjaan berat selama masa kehamilan. Bagi Anda yang masih hamil muda, bekerja berat tentu akan membahayakan janin Anda.

  1. Memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh

Wanita hamil menjadi sangat rentan terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Tidak sedikit jenis makanan yang justru akan membahayakan janin. Sama halnya dengan wanita normal, wanita hamil juga membutuhkan makanan empat sehat lima sempurna. Dari makan tersebut Anda dapat memberikan nutrisi untuk janin agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

  1. Memberikan vitamin tambahan selama masa kehamilan

Berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh wanita hamil dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan lain sebagainya. Tidak hanya berasal dari makanan, Anda juga akan menemukan beberapa suplemen makan serta ada beberapa pula susu formula yang dirancang untuk ibu hamil.

  1. Rajin olahraga

Meskipun olahraga baik untuk ibu hamil, akan tetapi sebaiknya jangan melakukan olahraga sendiri saat masa kehamilan. Hal ini disebabkan tidak semua jenis gerakan dapat dilakukan oleh ibu hamil sehingga butuh pengawasan khusus.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.