Tips Tepat Memilih Rangka Atap

Sudah cukup populer penggunaan baja ringan Indonesia yang banyak diaplikasikan untuk pembangunan gedung ataupun rumah. Banyaknya produsen baja ringan ini terkadang membuat konsumen juga bingung dalam memilih baja ringan tersebut. Sehingga diperlukan beberapa cara agar bisa mendapatkan kualitas baja ringan yang bagus karena fungsinya yang sangat penting sebagai atap maka harus menggunakan yang kualitasnya bagus agar keamanan serta kenyamanan bisa terjamin.

Beberapa Tips Untuk Memilih Rangka Atap Dari Baja Ringan

Berikut ini ada tips agar mendapatkan rangka atap baja ringan yang berkualitas bagus dengan mutu material yang baik. Berikut ini beberapa tips untuk memilih rangka atap baja ringan:

  1. Pabrikator

Rangka baja ringan saat ini sudah banyak beredar dipasar Indonesia dengan bermacam-macam merek yang kualitas dan mutunya juga berbeda. Sama halnya seperti kayu, baja ringan Indonesia juga memiliki kualitas dan juga mutu yang berbeda di setiap produsennya. Sudah bisa dipastikan hal tersebut akan sangat berdampak dengan harga dari baja ringan tersebut. Oleh sebab itu hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari kredibilitas dari produsen bahan baja ringan tersebut. Semakin produsen tersebut dipercaya dan semakin besar namanya maka bisa dijadikan sebuah jaminan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan nama produsen yang belum banyak dikenal. Pilihlah rangka atap untuk rumah Anda dari pabrikator yang memiliki lisensi langsung dari produsen pabrik dan yang sudah dipasarkan dengan sistem.

  1. Material

Material dari baja ringan yang bagus cukup membuat para produsen kebingungan sehingga hal yang bisa dilihat adalah dari lapisan baja ringan tersebut. Produsen baja ringan yang sudah memiliki kredibilitas bagus maka akan memberikan lapisan anti karat sesuai standar. Lapisan antikarat untuk baja ringan bisa menggunakan zincalume yang ketebalannya 150 gr/m2.

  1. Aksesoris

Aksesoris ini mencangkup sekrup, dynabolt dan starpbracing. Pemakaian sekrup untuk rangka atap baja ringan tidak boleh main-main. Sekrup yang digunakan harus teruji dan memiliki kekuatan yang mengikat. Sekrup rangkap atap yang bagus memiliki harga yang cukup mahal tetapi akan memberikan keamanan yang lebih untuk penghuninya.

  1. Supervisi

Supervisi ini dimaksudkan agar adanya kontrol untuk memastikan bahwa sistem perakitan BajaringanIndonesia atau instalasi tukang sudah benar atau masih ada yang perlu diperbaiki. Dengan adanya supervisi tersebut maka kesalahan dapat diminimalkan yang bisa dilakukan langsung oleh pabrikator dan bukan dari kepala tukang.