Tips Menjaga Hidung Agar Tetap Sehat

Hidung merupakan salah satu organ penting untuk pernapasan. Bagaimana jadinya jika hidung kita bermasalah sehingga pernapasan kita terganggu, tentu tidak enak rasa. Karena itu kesehatan hidung juga perlu untuk dirawat. Hidung bermasalah juga bisa membahayakan karena oksigen yang tersaring tidak sempurna dan paru-paru bisa bermasalah. Hidung yang kotor juga tidak bagus karena bisa menyumbat, dan jika kotoran mengering bisa saja mengakibatkan mimisan. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan hidung? Mari kita simak bersama ulasannya.

4 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Hidung

  1. Air Garam

Untuk membersihkan rongga hidung, Anda bisa memanfaatkan air garam. Meski begitu, membuat air garam dengan konsentrasi yang tepat tidaklah mudah. Anda bisa mendapatkan larutan air garam khusus di apotek. Air garam bisa digunakan setiap hari dengan disemprotkan ke hidung untuk membersihkan kotoran.

Air garam juga dapat mengatasi keluhan seperti alergi, infeksi, hidung tersumbat, sinusitis, dan mengorok. Air garam yang Anda beli bukanlah obat sehingga tidak akan menyebabkan ketergantungan. Anda hanya akan merasakan geli atau panas saat menggunakannya. Jangan lupa untuk membersihkan ujung semprotan sebelum dan sesudah digunakan agar tidak terdapat kotoran.

  1. Pelembab Udara

Jika Anda sering mengalami hidung kering bahkan sampai mimisan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan pelembab udara dalam ruangan. Namun jangan lupa untuk rutin membersihkannya dari kotoran agar kebersihannya tetap terjaga. Jika tidak begitu maka kotoran seperti lumut bisa tumbuh dan mengakibatkan pelembab tidak bekerja dengan baik.

  1. Manipulasi Hidung

Manipulasi hidung yang berlebihan akan sangat berbahaya. Jika Anda sering mengeluarkan lendir terlalu keras, menggosok hidung, dan mengoreknya bisa saja mengakibatkan luka sehingga bisa terserang infeksi dengan mudah.

  1. Menghindari Polusi

Polusi udara seperti debu, asap rokok dan kendaraan sangat tidak baik untuk kesehatan hidung. Cara mudah untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan masker yang bisa meminimalisir kontak hidung dengan polusi udara tersebut.

Keempat langkah tersebut bukan sembarangan karena sangat berpengaruh pada kesehatan hidung. Sayangi hidung Anda dan juga organ lain yang juga penting bagi kesehatan Anda sendiri.