Tips Memasak Sehat untuk Keluarga

Apa yang kita makan dan kandungan gizi dalam makanan tersebut akan mempengaruhi kesehatan tubuh baik fisik maupun pikiran. Bagi ibu-ibu yang harus memasak setiap hari untuk para anggota keluarga, memperhatikan bahan masakan dan kandungan gizi yang ada di dalamnya, serta mempertimbangkan penggunaan alat masak serta cara memasak masakan tersebut adalah kunci utama agar kesehatan anggota keluarga tidak teracuni oleh masakan. Selain itu, dengan memasak sendiri di rumah dan tidak membiarkan anak-anak jajan di luar dengan bahan masakan yang tidak kita ketahui asal-usulnya akan membuat perasaan para ibu lebih tenang.

Tips Memasak Sehat untuk Keluarga

Lalu bagaimana cara memasak yang baik dan benar agar zat gizi yang ada di dalam bahan mentah dapat tetap terjaga dan tidak hilang selama proses memasak itu terjadi? Berikut beberapa tips yang dapat dipraktekkan dengan mudah ketika kita memasak sendiri di rumah.

  • Merebus

Merebus adalah salah satu cara memasak makanan yang sehat tanpa harus takut akan tambahan kolesterol. Pastikan gunakan suhu yang tepat untuk merebus, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, begitu juga dengan durasi rebusan yang harus terukur agar bahan makanan yang kita rebus dapat matang sempurna namun tidak berlebihan sehingga kandungan gizi yang ada tidak hilang.

  • Mengukus

Selain merebus, mengukus juga termasuk cara memasak yang banyak dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik anak kecil sampai orang tua dapat mencerna dengan mudah makanan yang dimasak dengan cara dikukus. Bahan masakan yang cocok untuk dimasak dengan cara dikukus diantaranya adalah ikan, tahu, dan juga sayur mayor. Dengan dikukus menggunakan suhu dan waktu yang tepat, kandungan gizi yang ada dalam bahan masakan juga akan tetap terjaga dengan baik.

  • Menumis

Siapa sangka bahwa menumis masakan pun dapat dilakukan dengan cara yang sehat. Untuk menumis kita memerlukan minyak dalam jumlah sedikit sehingga tidak perlu khawatir dengan kolesterol dan lemak yang berlebih. Selain itu untuk membuat masakan lebih sehat, kita bisa menggunakan jenis minyak yang lebih baik seperti minyak zaitun.

Sekian tips memasak sehat untuk keluarga, pastikan untuk mengikuti tips demikian dengan cermat sehingga hasil dari apa yang kita praktekkan akan menjadi yang terbaik.