Tampil Cantik Ketika Berjerawat

Muka berjerawat adalah salah satu masalah besar seorang wanita. Benjolan-benjolan putih pada wajah alias jerawat memang kerap mengganggu penampilan. Seorang wanita terlihat lebih tidak percaya diri jika terdapat jerawat yang ada di wajahnya. Jerawat timbul diakibatkan pori-pori kulit yang tertutup akibat penggunaan kosmetik. Selain itu produksi minyak yang berlebih juga dapat menyebabkan jerawat. Keadaan ini sering dialami wanita terutama ketika menstruasi melanda karena pengaruh hormon estrogen yang berlebih. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga cukup mengganggu wanita ketika menggunakan kosmetik. Beberapa dari mereka ada yang memilih untuk tidak menggunakan kosmetik ketika berjerawat.

Kosmetik Yang Digunakan Ketika Wajah Berjerawat

Memang betul jika kosmetik akan menambah jerawat semakin meradang. Selain itu, penggunaan kosmetik yang tebal akan membuat pori-pori wajah semakin tertutup dan jerawat semakin bertambah parah. Namun, jika tidak menggunakan kosmetik jerawat Anda justru semakin terlihat. Sebenarnya, menggunakan kosmetik ketika wajah sedang berjerawat itu tidak masalah. Asalkan penggunaan kosmetik Anda tidak berlebihan dan bersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik. Berikut ini beberapa kosmetika yang bisa Anda gunakan ketika berjerawat adalah sebagai berikut:

  1. BB cream

Ketika wajah sedang berjerawat, lebih baik gunakan BB cream dengan tekstur yang ringan. Jangan menggunakan foundation atau BB cream yang terlalu berat karena akan membuat pori-pori kulit semakin tertutup dan jerawat semakin meradang.

  1. Bedak tabur

Untuk menjaga BB cream agar tidak mudah luntur, Anda bisa menutupnya dengan bedak tabur. Gunakan bedak ini pada seluruh wajah terutama area hidung, dahi dan dagu. Jangan gunakan bedak padat karena akan menutup pori-pori kulit.

  1. Concealer

Concealer bisa Anda gunakan untuk menutup area yang berjerawat. Gunakan concealer dengan warna yang cocok dengan kulit Anda dan ketebalan yang sesuai.

  1. Blush on

Gunakan blush on dengan tekstur yang powdery dan matte. Tekstur ini akan lebih mudah diaplikasikan dan tahan lama. Jika Anda menggunakan blush on tekstur creamy atau cair, akan membuat wajah terlihat berminyak.