Tahap Perkembangan Janin Trimester Pertama

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tahap perkembangan janin dalam rahim ibu pada trimester pertama usia 1, 2, 3 bulan dan beragam perubahan fisik yang nantinya dialami. Berikut tahap perkembangan bayi di dalam rahim pada trimester pertama.

Tahap-Tahap Dari Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama

  • Pertumbuhan janin usia 2 minggu

Pembuahan terjadi dua minggu setelah dimulainya haid. Meskipun periode 2 minggu selama dan setelah haid itu dihitung menjadi bagian masa kehamilan 40 minggu, Anda belum benar-benar hamil. Dokter akan menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) didasarkan hari pertama berakhirnya haid.

Penyatuan sperma dan telur membentuk 1 sel tunggal kecil atau zygote. Kromosom di dalamnya menentukan jenis kelamin, warna rambut dan mata, figur dan tinggi. Setelah pembuahan zygote mulai bergerak ke rahim.

  • Pertumbuhan janin usia 3 minggu

Saat ini janin berada dalam rahim dengan otak, tulang belakang, serta organ yang terus berkembang. Pada perkembangan janin sebelum setengah trimester pertama ini, jantung dan peredaran darah telah berkembang cepat.

  • Pertumbuhan janin usia 6 minggu

Pada minggu ke-6, ukuran janin sekitar 0,8 inci dan pembuluh syaraf otak serta punggungnya hampir tertutup. Jantung terbentuk dan figur dasar wajah telah terbentuk. Jaringan otot dan tulang rusuk mulai tumbuh begitu pula ‘pucuk’ tempat kaki dan tangan tumbuh.

  • Pertumbuhan janin usia 8 minggu

Pada minggu ke-8, jari kaki dan tangan sudah tampak walau masih menyatu. Tulang sendi, bibir, telinga, hidung serta kelopak mata semakin nyata.

  • Pertumbuhan janin usia 9 minggu

Ukuran janin sekitar satu inci. ‘Ekor’ janin pada bagian ujung tulang belakang dengan cepat menyusut, membentuk organ reproduksi, puting dan kantung rambut. Organ seperti pankreas pun telah berkembang.

  • Pertumbuhan janin usia 12 minggu

Mendekati berakhirnya trimester pertama, organ-organ vital bayi telah berkembang, selaput diantara jari kaki dan tangan serta ekor janin telah menghilang. Tulang telah terbentuk dan syaraf otak tersembul. Kelamin mulai tampak dan plasenta tengah berupaya keras dalam memasok nutrisi pertumbuhan janin di trimester kedua dan ketiga.

Demikianlah pembahasan tentang tahap perkembangan dari janin dalam rahim ibu pada trimester pertama usia 1, 2, 3 bulan, semoga dengan mengunjungi situsnya di www.panduanbayi.com akan bisa jadi bermanfaat untuk Anda dan bayi Anda.