Seragam Kerja Khusus

Perusahaan-perusahaan yang berdiri di Indonesia harus memenuhi spesifikasi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu standar yang harus dipenuhi adalah terdapat keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Perusahaan memiliki banyak sekali faktor risiko yang membahayakan seperti tertimpa barang-barang, terpeleset, jatuh hingga menjadi korban dari kesalahan pada proses produksi. Oleh karena itu, sebuah perusahaan wajib menyediakan seragam kerja yang aman.

Apa Itu Seragam Khusus ?

Perusahaan yang memiliki risiko berbahaya seperti perusahaan semen dan batu bara, wajib menyediakan baju yang dapat menjamin karyawan aman ketika bekerja. Karena jika keselamatan dan kesehatan karyawan terganggu akibat bekerja, perusahaan wajib bertanggungjawab dan mengganti rugi. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh perusahaan mana pun. Oleh karena itu perusahaan lebih baik memberikan seragam kerja khusus untuk menjaga keselamatan pekerja. Atribut seragam khusus ini tergantung dari bahaya-bahaya yang akan dihadapi. Contohnya baju tahan panas, sepatu anti licin, helm, masker hingga kacamata. Semuanya wajib disediakan oleh perusahaan secara gratis, karena selain untuk pekerja, seragam ini juga wajib digunakan oleh tamu-tamu perusahaan yang akan melakukan monitoring dan evaluasi.

Seragam Khusus Melindungi Keselamatan Pekerja

Seragam untuk kerja khusus yang lengkap dan aman akan meminimalisir angka kecelakaan kerja karyawan. Sehingga perusahaan tidak akan mengalami kerugian karena banyak korban kecelakaan. Selain itu, cara penggunaan seragam ini juga perlu diperhatikan. Karena penggunaannya sangat berbeda dari seragam kerja biasanya. Karyawan wajib diberikan pelatihan mengenai bagaimana cara penggunaan seragam khusus ini. Perusahaan juga wajib menempel prosedur pemakaian seragam. Tujuannya untuk mengingatkan karyawan yang lupa cara memakainya serta petunjuk bagi tamu perusahaan. Mengingat masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang cenderung suka meremehkan dan melawan peraturan, perusahaan perlu memberikan sanksi kepada karyawan yang tidak memakai seragam khusus ketika bekerja. Sehingga, para pekerja akan lebih taat dan mematuhi aturan untuk memakai seragam. Hal ini dikarenakan seragam khusus mungkin tidak terlalu nyaman dipakai dan tidak indah dipandang. Namun semua ini adalah untuk menjaga keselamatan pekerja.