Perhatikan Gejala Awal Munculnya Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan kanker yang paling banyak diderita oleh wanita Indonesia setelah kanker payudara. Tak mengherankan jika para wanita sangat khawatir akan kemungkinan mereka terserang penyakit mematikan yang satu ini. Terlebih gejala kanker serviks pada stadium awal biasanya tidak terlalu signifikan. Bahkan banyak kasus yang menyebutkan bahwa penderita tidak merasakan gejala apapun di stadium awal kanker serviks. Hal tersebut tentu membuat para wanita menjadi lebih khawatir. Padahal kanker serviks yang telah menyebar akan sulit untuk disembuhkan.

Gejala Awal Kanker Serviks

Kanker serviks akan sulit disembuhkan jika pertumbuhan sel kanker yang abnormal tidak ditangani sejak awal. Namun, kebanyakan penderita baru akan pergi ke dokter setelah kanker serviks menyebar karena memang pada tahap itu muncul gejala kanker serviks yang lebih signifikan. Sedangkan untuk awal-awal pertumbuhan sel abnormal di dalam mulut rahim biasanya tidak akan menimbulkan gejala sama sekali.

Penyakit mematikan yang satu ini memang tumbuh secara perlahan dan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Meskipun di beberapa kasus menyebutkan pertumbuhan sel kanker sangat cepat, kurang dari satu tahun. Pada tahap awal pertumbuhan sel kanker baru akan memunculkan gejala setelah sel kanker mulai menyebar ke jaringan terdekat. Gejala-gejala itulah yang harus sangat kita perhatikan agar dapat melakukan pencegahan dini. Berikut beberapa gejala awal dari pertumbuhan sel abnormal di mulut rahim.

  1. Pendarahan tidak normal

Pendarahan yang terjadi secara tidak normal ketika setelah masa menopause, ataupun pendarahan setelah siklus menstruasi berakhir harus sangat diperhatikan. Darah yang keluar ketika pendarahan tersebut biasanya berupa darah segar. selain itu, timbul rasa nyeri dan pegal didaerah panggul juga bisa menjadi gejala awal munculnya pertumbuhan sel kanker di serviks.

  1. Cairan tidak normal

Keluarnya cairan tidak normal di luar siklus menstruasi dan setelah menopause juga dapat mengindikasikan adanya pertumbuhan sel kanker di mulut rahim. Gejala yang satu ini juga biasanya disertai dengan bau yang tidak sedap dari cairan yang keluar. Namun, untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan gejala kanker serviks, Anda harus melakukan pengecekan ke dokter.