Perbedaan Indonesia Fashion Week Dengan Lainnya

Indonesia Fashion Week (IFW) merupakan salah satu perhelatan dunia fashion yang ada di tanah air. Event ini pertama kali digelar pada tahun 2012 dan akan diadakan kembali di setiap tahunnya yang bertujuan untuk memberikan arah serta tujuan terhadap dunia fashion tanah air. Indonesia memiliki kekuatan yang begitu unik dalam dunia fashion yang sangat kental dengan budaya Indonesia yang begitu beragam sehingga fashion Indonesia dipersiapkan menjadi pusat fashion scraf dan memadukan fashion Muslimah baik secara regional serta global. Tetapi ajang IFW ini masih banyak perbedaan dengan berbagai ajang fashion week dunia sehingga diharapkan ke depannya bisa disejajarkan dengan ajang fashion week lainnya.

Perbedaan Indonesia Fashion Week Dengan Fashion Week Dunia

Siapa yang tidak mengetahui 4 ajang fashion week dunia yaitu Paris Fashion Week, London Fashion Week, New York Fashion Week dan Milan Fashion Week. Semua mata akan tertuju dari setiap koleksi fashion yang akan ditampilkan. Keempat event tersebut menjadi inspirasi terhadap fashion di Dunia. Tetapi dari semua event fashion tersebut memiliki perbedaan dengan Indonesia Fashion Week. Pertama dari segi ciri khas masing-masing negara tersebut, yaitu untuk Paris Fashion Week yang memiliki ciri khas menyuguhkan fashion yang kental dengan budayanya, London Fashion Week yang menampilkan busana-busana dengan karya yang begitu mewah dan juga berkelas, New York Fashion Week dengan ciri khas busana kontemporer yang ditampilkan kemudian untuk Milan Fashion Week dikenal dengan busana yang ditampilkan dengan koleksi ready to wear. Sedangkan untuk IFW sendiri menampilkan beragam fashion yang bertemakan dengan budaya lokal negara Indonesia yang kemudian dikombinasikan bersama fashion muslim dan juga modest wear.

Perbedaan selanjutnya adalah dari keempat event fashion week tersebut mempunyai fashion week berskala kecil yang saling mendukung, sehingga pendapatan yang akan diperoleh akan semakin banyak. Tetapi pada IFW begitu berbeda karena event IFW tersebut berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari fashion week lainnya. Kemudian perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari pendapatan event tersebut yang diperoleh, pendapatan dari event tempat belajar pastinya belum bisa untuk disamakan dengan event fashion week dunia lainnya. Pada IFW tahun 2016 sendiri meraup 96 miliar pada sekali acara sedangkan pada fashion week lain misalnya dari New York Fashion Week sendiri memperoleh pendapatan sekitar 513.7 juta Euro yang merupakan jumlah fantastis.