Penyakit Jantung Menyerang Segala Rentang Usia

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian yang paling umum terjadi. Penyakit ini sebenarnya diakibatkan karena tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung sehingga menyebabkan jantung kekurangan suplai darah. Penyakit ini dahulu identik dengan orang tua namun seiring dengan berjalanya waktu penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa pun tak terkecuali anak muda. Semakin meningkatnya risiko penyakit ini ke segala usia dikarenakan kurang baiknya pola hidup yang mereka jalani dan juga beberapa faktor lainnya.

Perbaiki Pola Hidup Menjadi Lebih Sehat

Adapun beberapa faktor yang memicu penyakit ini adalah obesitas atau berat badan berlebih yang mengakibatkan aliran darah menuju ke jantung menjadi semakin menyempit. Kebiasaan merokok yang berlebihan juga kurang baik, kandungan monoksida dan juga nikotin pada asap dan juga rokok tadi menyebabkan penggumpalan darah serta menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga mampu membebani kerja jantung. Kemudian bahan kimia lain yang terkandung dalam rokok juga bisa berakibat pada penyempitan pembuluh darah. Faktor lainnya bisa berupa hipertensi, riwayat penyakit keluarga, diabetes, kolesterol dan faktor penyebab lainnya. Dari banyaknya penyebab penyakit jantung tadi salah satu yang paling sering terjadi terutama oleh orang tua yaitu kadar kolesterol yang tinggi. Maka dari itu untuk menurunkan risiko penyakit jantung akibat tingginya kadar kolesterol adalah sebagai berikut.

  • Untuk kalian yang gemar mengonsumsi berbagai macam olahan dari sapi berupa yoghurt dan susu. Sebaiknya jika sulit mengurangi konsumsi tersebut ada baiknya untuk memilih susu maupun yoghurt yang low fat.
  • Selain itu cara mudah lainnya untuk menurunkan kolesterol yaitu mengganti minyak goreng yang biasa kalian gunakan dengan minyak zaitun yang tentu saja rendah kolesterol.
  • Hindari juga beberapa olahan makanan yang memiliki banyak kandungan gula serta lemak. Kandungan gula tadi bisa meningkatkan berat badan kalian yang bisa berimbas pada obesitas sehingga menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah.

Inti dari ketiga poin diatas adalah ubahlah gaya hidup kalian menjadi lebih sehat dengan cara memperhatikan asupan makanan yang masuk. Terlebih lagi saat ini banyak sekali makanan dan minuman yang mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.