Pengiriman Via Udara

Cargo via udara adalah salah satu cara untuk mengirimkan barang Anda menuju tempat tujuannya. Pengirimannya dilakukan melalui udara yaitu biasanya menggunakan pesawat udara. Memang seharusnya cargo udara bukan menggunakan pesawat udara, tetapi seharusnya menggunakan pesawat khusus cargo barang. Sayang di Indonesia, belum memiliki pesawat khusus cargo barang sehingga pengiriman cargo Jakarta menggunakan pesawat biasa. Meskipun beberapa orang telah menggunakan cargo via udara namun masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukan pengiriman barang menggunakan pesawat. Dibenak mereka hanya terlintas jika pesawat di khususkan untuk orang bukan barang. Tetapi pada kenyataannya memang pesawat di Indonesia sering digunakan untuk mengangkut barang jika tidak sedang di hari-hari besar seperti lebaran.

Jenis Cargo Via Udara

Jika Anda hendak mengirimkan barang melalui udara, Anda harus mengetahui jenis cargo apa saja yang disediakan untuk pengiriman via udara. Berikut ini jenis-jenis cargo Jakarta pada udara:

  • General Cargo

Sesuai dengan namanya general yang berarti umum, barang-barang yang dikirimkan adalah barang-barang yang tidak mudah rusak, busuk, tidak butuh penanganan yang khusus, sifatnya tidak membahayakan, serta ukuran dan beratnya mampu ditampung pesawat udara. Contohnya adalah spare part, garmen, dan elektronik.

  • Special Cargo

Jenis cargo satu ini adalah cargo yang membutuhkan beberapa penanganan khusus dari pihak cargo. Penanganan khusus meliputi penerimaan barang, penurunan, dan pengangkutannya. Special cargonay pun memiliki beberapa kategori seperti:

  • Live Animal

Barangnya adalah hewan-hewan hidup seperti kucing, anjing, dan lain-lain.

  • Diplomatic Pouch

Adalah barang-barang yang dikirimkan oleh diplomatik

  • Human Remain

Adalah mayat manusia yang terbagi menjadi 2 bentuk; yang masih utuh atau yang hanya abu saja.

  • Perishable goods

Adalah sebuah barang yang gampang rusak, busuk, atau hancur seperti sayur, bunga, daging, buah, ikan dan lain-lain.

  • Live Human Organ

Adalah organ manusia yang masih bisa berfungsi seperti ginjal, bola mata, hati.

  • Valuable goods

Adalah barang-barang yang memiliki nilai yang sangat tinggi seperti berlian, emas, intan.

  • Strongly smelling goods

Adalah semua jenis barang yang berbau tajam seperti parfum, minyak kayu putih, durian.

  • Dangerous Goods

Jenis cargo Jakarta iniĀ  menurut cargonesia.co.id adalah barang yang tergolong ke dalam barang yang berbahaya. Bisa jadi barang itu mudah meledak, mudah terbakar, bersifat cairan atau padat yang berbahaya, bisa menguap, barang-barang beracun, barang yang mengandung karat, barang yang terkena sinar akan bereaksi. Barang-barang tersebut terbagi menjadi 9 jenis barang berbahaya yang dapat membahayakan manusia ataupun hewan.