Pendengaran Jelas Dengan Telinga Sehat

Tidak banyak orang yang paham jika telinga harus dijaga dengan baik. Mereka cenderung berpikir jika telinga mudah untuk dibersihkan padahal kenyataannya tidak. Banyak orang yang salah langkah ketika membersihkan telinga dan menyebabkan telinga mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran telinga, tuli bahkan kanker telinga. Oleh karena itu, telinga wajib dijaga dengan sebaik-baiknya agar telinga kita tidak terkena penyakit seperti yang disebutkan diatas. Salah satu caranya adalah dengan menjaga dan merawat telinga. Dengan merawat dan menjaga telinga dijamin telinga akan selalu dalam kondisi bersih dan sehat. Asalkan dirawat dan dijaga dengan benar tidak asal-asalan.

Tips Menjaga & Merawat Telinga

Untuk menjaga dan merawat telinga sebenarnya tidak susah seperti yang Anda bayangkan. Bahkan bisa dibilang untuk melakukannya sangat mudah karena dapat Anda sesuaikan dengan gaya hidup yang Anda lakukan. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga dan merawat telinga Anda dengan benar:

  • Gunakan Earplugs

Jika Anda sedang berada dalam lingkungan yang cukup bising, Anda bisa menggunakan earplugs untuk mengurangi suara kebisingan yang Anda rasakan pada telinga Anda karena jika Anda terlalu lama mendengarkan suara yang cukup bising tersebut bisa jadi telinga Anda akan menjadi sakit dan berdengung.

  • Kecilkan Volume

Para remaja jaman sekarang kemana-mana selalu menggunakan headset yang disambungkan pada handphonenya untuk mendengarkan lagu. Mereka sering mendengarkan musik dengan volume yang sangat keras. Hal inilah yang dapat membuat Anda mengalami sakit telinga dengan mudah. Oleh karena itu, Anda harus mengecilkan volume headset Anda agar telinga Anda tidak kesakitan.

  • Hindari Earbuds

Earbuds terbukti lebih berbahaya untuk telinga karena earbuds langsung kena dengan gendang telinga Anda. Lebih baik menggunakan headset daripada earbuds, karena headset tidak sebahaya earbuds asalkan tidak dinyalakan dengan volume yang terlalu keras. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan headphones terus menerus tanpa berhenti.

  • Istirahatkan telinga

Jika Anda sering berada pada ruangan yang bising atau mungkin Anda bekerja pada ruangan yang bising, Anda jangan sampai lupa untuk mengistirahatkan telinga. Mengistirahatkan telinga memang diperlukan agar telinga tidak terus-terusan dipaksa menyerap suara bising yang dapat menyakiti telinga. Anda bisa keluar dari tempat bising tersebut selama 10 menit untuk mengistirahatkan telinga.