Pendapat Para Ahli Tentang Ciri Kota

Setiap manusia, membutuhkan manusia lainnya untuk dapat bertahan hidup di dunia ini. Itulah mengapa Tuhan menciptakan dua manusia, yaitu Adam dan Hawa. Kebutuhan tersebut menciptakan sebuah hubungan yang nantinya kemudian akan membentuk suatu komunitas atau kelompok masyarakat dalam suatu daerah tertentu. Menurut sistem pemerintahan, kelompok tersebut akan disebut masyarakat kota atau masyarakat desa, tergantung di mana mereka hidup.

Beberapa Ciri Kota Menurut Para Ahli

Di dalam suatu Negara, tentu saja terdiri dari banyak sistem pemerintahan yang lebih rendah di dalamnya. Salah satu sistem pemerintahan paling kecil dalam suatu pemerintahan Negara adalah pemerintahan kota dan desa. Kehidupan masyarakat kota dan desa tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan meskipun keduanya dinaungi oleh sistem pemerintahan pusat yang sama. Untuk memperjelas, berikut ini beberapa ciri kota menurut para ahli sosial dan pemerintahan yang namanya sudah lama melintang di buku Kewarganegaraan.

  1. Max Weber

Bagi Anda yang sudah pernah belajar tentang society tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Max Weber. Menurutnya, ciri kota yang paling utama adalah memiliki pasar sendiri. Pasar tersebut juga harus mampu memenuhi kebutuhan penduduknya di kota tersebut. Selain itu, kota juga harus memiliki hukum mereka sendiri yang tentu saja masih seirama dengan hukum Negara yang berlaku. Kota juga memiliki sifat cosmopolitan karena mayoritas penduduknya telah maju terhadap pendidikan dan teknologi.

  1. Bintaro

Sedangkan menurut Bintaro, kota memiliki ciri jumlah penduduknya yang padat dan strata penduduknya yang cenderung heterogen. Mayoritas penduduk perkotaan juga bersifat materialistis dan konsumtif. Hal tersebut berarti bahwa penduduk kota banyak yang sangat suka membeli barang tanpa memperhatikan kegunaannya. Sifat heterogen pada masyarakatnya juga tidak hanya pada pekerjaan, namun juga pada adat, agama, dan kebiasaan.

  1. Jorge E. Hardoy

Menurut Jorge E. Hardoy, ciri-ciri kota adalah memiliki pasar, pusat pemerintahan, pusat militer, pusat keagamaan, dan pusat perkantoran. Jumlah penduduk di perkotaan juga biasanya lebih banyak dibandingkan dengan luas wilayah sehingga kebanyakan wilayah perkotaan akan mengalami kepadatan penduduk. Kota juga merupakan pusat perekonomian sekaligus tempat tinggal bagi masyarakatnya. Untuk lebih jelas, situs www.berdesa.com akan menjelaskan lebih rinci tentang ciri perkotaan menurut para ahli.