Pemahaman Yang Salah Terhadap Pengertian Homestay

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan bisnis, saat ini perkembangan bisnis penginapan juga semakin meningkat. Terlebih dengan adanya banyak tempat wisata di Indonesia yang membuat pembangunan bisnis penginapan semakin meningkat. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada banyak jenis penginapan yang ada saat ini. salah satu yang paling terkenal dan mungkin sering kali kita kunjungi adalah hotel. Walaupun terbilang mahal, namun hotel menjadi banyak pilihan orang-orang untuk menginap ketika berada di luar kota. Jenis penginapan lainnya yang berbeda dengan penginapan lainnya tapi masih belum terlalu familiar di Indonesia adalah homestay.

Kesalahpahaman Masyarakat Mengenai Homestay

Banyak di antara pelaku bisnis penginapan, menganggap bahwa homestay tidak berbeda dengan jenis penginapan lainnya seperti kos harian ataupun penginapan kamar biasa. Jika dilihat dari arti bahasanya, homestay memang berarti tempat tinggal berbentuk rumah biasa.  Namun banyak homestay yang tidak bergabung dengan pemilik rumah sehingga mirip dengan penginapan biasa. Homestay yang ada saat ini kebanyakan melupakan suasana hangat kekeluargaan dan tidak ada bedanya dengan hotel, wisma, dan motel.

Asal Mula Istilah Homestay

Awal mula munculnya istilah homestay adalah ketika ada banyak mahasiswa yang melakukan pertukaran pelajar dengan universitas lain di luar negeri. Dari pihak kampus kemudian akan mencarikan keluarga yang bersedia menampung mahasiswa yang akan belajar di luar negeri. Mahasiswa diizinkan tinggal di rumah keluarga tersebut. Rumah tersebut yang kemudian disebut dengan homestay mahasiswa selama melakukan program pertukaran pelajar di luar negeri.

Mahasiswa tidak hanya mendapatkan tempat tinggal selama di sana. Berbagai fasilitas dapat dinikmati oleh para mahasiswa. Hubungan yang terjalin antara mahasiswa dengan keluarga pemilih homestay juga biasanya akan akrab dan hangat. Mahasiswa diperbolehkan untuk menikmati makan bersama di meja makan yang sama bersama tuan rumah serta boleh menggunakan fasilitas yang ada di rumah layaknya anggota keluarga. Itulah mengapa, homestay seharusnya menghadirkan suasana hangat kekeluargaan. Situs www.homestayjogja.co.id menyediakan berbagai homestay di Jogja yang akan memberikan Anda suasana keluarga yang hangat selama Anda liburan.