Pantangan Jenis Makanan Untuk Penderita Diabetes

Penderita penyakit apapun pasti memiliki pantangan tertentu, misalnya penderita diabetes sudah pasti harus menjaga pola makan agar kadar gula tidak meningkat. Peningkatan kadar gula tersebut sebagian besar disebabkan oleh asupan makanan yang tidak benar. Pantangan untuk penderita diabetes bisa berasal dari makanan maupun minuman.

Karbohidrat Musuh Penderita Diabetes

Bagi orang-orang makanan tinggi karbohidrat adalah makanan yang harus dikonsumsi, tetapi berbeda dengan penderita diabetes. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat maka kadar gula akan meningkat. Karbohidrat ini mempunyai peran paling besar dalam meningkatkan kadar gula. Apabila penderita diabetes mengonsumsi banyak karbohidrat dengan sekaligus maka kadar gulanya akan naik sangat tinggi. Lama-lama tingginya gula ini akan merusak saraf dan juga pembuluh darah yang bisa memperbesar risiko terkena penyakit jantung, ginjal dan mempengaruhi kondisi kesehatan yang lainnya.

Jenis Makanan Yang Menjadi Pantangan Penderita Diabetes

Adapun makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, diantaranya adalah:

  1. Minuman mengandung gula berlebih

Minuman manis seperti teh, soda, kopi yang banyak kandungan gula di dalamnya menjadi minuman pantangan penderita diabetes. Kebiasaan dalam mengobrol bareng dengan teman-teman biasanya membuat makanan dan minuman apa saja disajikan. Tidak lupa minuman manis yang banyak juga mengandung fruktosa, kadar fruktosa yang tinggi ini bisa menyebabkan perubahan sistem metabolik yang bisa meningkatkan lemak diperut, kadar kolesterol dan juga trigliserida yang bisa membahayakan untuk kesehatan tubuh.

  1. Roti putih, nasi dan pasta

Makanan ini merupakan jenis makanan tinggi karbohidrat, dengan mengonsumsi makanan tersebut sudah terbukti bisa meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Ada sebuah studi yang menjelaskan bahwa makanan yang mengandung banyak karbohidrat tidak hanya meningkatkan gula darah tetapi juga menurunkan fungsi otak dan juga mental pada penderita diabetes di tipe 2. Adapun studi lain yang menjelaskan bahwa mengganti roti putih dengan menggunakan roti serat tinggi bisa mengurangi kadar gula darah secara signifikan dan mengalami penurunan kadar kolesterol serta tekanan darah.