Menyembuhkan dan Mengurangi Sakit Pada Sariawan

Apabila memiliki sariawan di mulut pastinya akan sangat mengganggu, ingin makan terasa perih, ingin minum rasanya sakit, bahkan sangat sulit jika mau menggosok gigi. Umumnya sariawan sembuh sendiri dalam 10 hari sampai 14 hari. tetapi jika tidak tahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan sariawan, maka Anda bisa mencoba cara berikut.

Menyembuhkan Sariawan

Sariawan merupakan sebuah penyakit yang tidak menular seperti halnya dengan penyakit di tangan dan kaki. Biasanya sariawan menyerang pada anak usia remaja yaitu sekitar 10 hingga 19 tahun akibat dari kurangnya menjaga kebersihan mulut atau terdapat infeksi bakteri pada selaput lendir di rongga mulut. Berikut tips atau cara menghilangkan dan mengurangi sakit pada sariawan.

Berkumur Air Garam

Cara yang paling sering dianjurkan adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Siapkan setengah sendok teh garam dan segelas air dingin. Atau Anda juga mencoba berkumur dengan larutan setengah sendok teh baking soda dengan setengah cangkir air hangat. Berkumurlah sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Hindari Makanan Ini

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sariawan diantaranya adalah makanan yang asin, cokelat, biskuit, keripik kentang, serta kacang-kacangan. Kemudian juga hindari minuman yang berkarbonasi atau bersoda serta hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Apabila tidak ingin menimbulkan rasa sakit yang berlebihan Anda juga dapat menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam.

Anjuran untuk yang Sedang Sariawan

Semakin rajinlah untuk menyikat gigi, lebih baik lagi jika ditambah dengan pemakaian benang gigi supaya sariawan terhindar dari infeksi. Untuk semakin memulihkan sariawan perbanyaklah juga mengonsumsi air putih, sayuran, dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B, C, serta zat besi. ingat! Jangan sering menyentuh bagian sariawan karena dapat memperluas infeksi serta mengganggu proses penyembuhan. Sebaiknya agar tidak terlalu sakit saat mengunyah makanan, Anda bisa memakan makanan yang digiling, dihaluskan atau dipotong kecil-kecil.

Demikian penjelasan mengenai cara-cara menghilangkan dan mengurangi sakit saat sariawan.