Menjaga Kesehatan Pasca Melahirkan

Dalam sebuah keluarga, tentu akan sangat mendambakan kehadiran sang buah hati. Buah hati menjadi sosok penguat dalam rumah tangga. Selain itu, hampir semua wanita merasa kurang sempurna ketika belum dapat memberikan keturunan pada suaminya. Ini membuat berbagai macam cara dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin selama masa kehamilan. Setelah sang buah hati lahir, maka tidak sedikit ibu yang mengalami peningkatan berat badan. Ini memang menjadi hal yang wajar dalam dunia medis. Akan tetapi, tidak sedikit yang merasa kecewa dengan berat badan tersebut akibatnya melakukan diet yang justru tidak baik untuk kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Pasca Melahirkan

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kondisi tubuh agar tetap sehat pasca melahirkan sang buah hati:

  1. Merawat payudara setelah melahirkan

Payudara menjadi bagian yang penting setelah sang ibu melahirkan. Payudara menjadi penting karena merupakan tempat diproduksinya ASI (Air Susu Ibu). Bagi janin yang baru lahir, ASI sangat dibutuhkan karena menjadi sumber nutrisi bagi sang janin. Dalam melakukan perawatan dapat dilakukan dengan menggunakan bra khusus ibu menyusui, membersihkan puting setelah menyusui, tidak memijat terlalu kencang dan tidak melakukan banyak guncangan pada payudara, mengompres dengan lap hangat jika bengkak, dan masih banyak cara lainnya.

  1. Istirahat yang cukup

Setelah melahirkan, Anda akan dipenuhi kesibukan mengurus bayi. Ini akan menyita banyak energi Anda. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu istirahat dengan baik, maka dapat menyebabkan produksi ASI berkurang. Selain itu juga dapat membuat tubuh Anda cepat lelah.

  1. Menjaga asupan nutrisi

Nutrisi menjadi sangat penting karena disini Anda akan menggunakannya untuk memproduksi ASI. Inilah yang menjadi alasan untuk Anda banyak mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Mengonsumsi susu juga dapat memberikan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, vitamin B, protein, dan masih banyak yang lainnya.

Demikian merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kondisi tubuh pasca melahirkan.