Meniti Setiap Nafas Kehidupan

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips menjaga kesehatan sistem pernafasan manusia di tengah polusi udara yang saat ini sedang menyebar. Sistem pernafasan merupakan gabungan organ yang bekerja sama dalam melaksanakan fungsi utama dalam mengatur pertukaran udara. Sistem ini terdiri dari hidung, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, trakea, alveolus, hingga ke paru-paru. Bernafas merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh manusia.

Tuhan telah menyediakan oksigen sebagai zat penting yang diperlukan saat bernafas secara gratis dan tersedia melimpah di alam. Namun saat ini sumber dari oksigen sudah semakin menipis jumlahnya. Ketika jumlah pasokan oksigen di bumi ini sudah semakin menipis maka kesehatan manusia akan terancam. Padahal di antara banyaknya planet yang ada di galaksi bimasakti, hanya bumi yang memiliki kebutuhan oksigen yang dapat mencukupi kebutuhan hidup manusia.

Kenapa Pasokan Oksigen Di Bumi Bisa Semakin Menipis?

Bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan yang masih memiliki ekosistem yang alami tidak akan terlalu merasakan krisis oksigen ini. Tetapi lain halnya dengan orang yang tinggal di perkotaan apalagi di kota metropolitan. Pasokan oksigen yang ada di murni dan bersih lagi karena sudah tercampur dengan asap kendaraan maupun asap pabrik.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebabnya karena udara menjadi dipenuhi dengan karbon dioksida dan karbon monoksida yang tentunya tidak baik bagi kesehatan sistem pernafasan. Selain itu, pohon sebagai sumber oksigen serta penyerap karbon dioksida pun semakin sedikit jumlahnya, terutama di kota besar karena lahannya telah beralih fungsi sehingga kurang mendukung tips menjaga kesehatan sistem pernafasan.

Cara Mencegah Gangguan Pada Saluran Pernafasan

Sebagai manusia yang  bijak dalam menghadapi polusi udara yang ada, maka Anda perlu melakukan tips menjaga kesehatan sistem pernafasan sebagai bentuk pencegahan berikut ini.

  • Jangan Mencabut Bulu Hidung

Bulu hidung sangat bermanfaat untuk menyaring udara yang masuk melalui hidung, sehingga kotoran-kotoran bisa tersaring.

  • Memakai Masker

Masker dapat menjadi alat pelindung diri khususnya pada saluran pernafasan sehingga partikel debu yang berukuran kecil bisa tersaring serat masker.

  • Mengurangi Penggunaan Kendaraan

Kendaraan bermotor menyumbang cukup besar terhadap polusi karbon dioksida dan karbon monoksida.