Menilik Secuil Sejarah Indonesia Melalui Film

Mengenal sejarah tidak hanya bisa dilakukan dari membaca buku. Kini, ada berbagai jenis film berlatar belakang sejarah yang mampu memberikan gambaran-gambaran sederhana mengenai Indonesia di masa lalu. Bagi pecinta film, tentunya tidak hanya nonton movie  dari luar negeri. Menonton film asli Indonesia juga bisa menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi film yang akan ditonton membawa nuansa kemerdekaan dan sedikit bumbu sejarah Indonesia di masa lampau. Lalu, film apa saja yang wajib ditonton untuk membangkitkan rasa nasionalisme? Berikut ulasannya untuk Anda.

Film Indonesia yang Mampu Membangkitkan Nasionalisme

Bukan hari kemerdekaan bukan berarti Anda tidak bisa menonton film bertemakan kemerdekaan Indonesia, berikut adalah deretan film yang wajib ditonton:

  • Soegija

Untuk nonton movie bertemakan kemerdekaan, Anda bisa memulai dari film Soegija. Film yang menceritakan tentang tokoh nasional, Abertus Soegijapranata ini rilis pada tahun 2012. Dengan latar belakang perang kemerdekaan Indonesia dan berdirinya Republik Indonesia Serikat pada tahun 1940 hingga 1949, Anda bisa melihat sebuah nilai perjuangan dari sisi lain.

 

  • Merah Putih

Film yang telah booming sejak tahun 2009 ini merupakan hasil kolaborasi rumah produksi internasional dan nasional. Cerita dalam film ini digambarkan pada tahun 1947 saat adanya peristiwa Agresi Militer Belanda I. Dengan peran yang dimainkan oleh aktor-aktor berbakat, Darius Sinathrya, Lukman Sardi dan Donny Alamsyah ini berhasil mengembalikan jiwa nasionalisme para penonton.

 

  • Battle of Surabaya

Tidak jauh berbeda dengan film Merah Putih, Battle of Surabaya juga menjadi tontonan wajib untuk melihat sedikit gambaran tentang perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Namun yang membedakannya adalah Battle of Surabaya merupakan film animasi. Film yang digarap dengan serius ini mendapatkan dukungan dari Walt Disney Pictures.

 

  • Jenderal Soedirman

Salah satu tokoh nasional kemerdekaan yang paling disanjung adalah Jenderal Soedirman. Dengan nonton movie ini, Anda bisa melihat bagaimana seorang Jenderal Soedirman memperjuangkan kebebasan Indonesia dengan sistem perangnya yang terkenal, gerilya. Sebuah film sejarah yang diperankan oleh Adipati Dolken ini mampu memberikan sedikit gambaran tentang tokoh nasional yang kita banggakan.