Mengenal Proses-Proses Pembuatan Batik Solo

Solo yang juga dikenal sebagai salah satu kota batik ini masih terus melestarikan budayanya dengan menghadirkan berbagai karya batik yang bahkan sudah mendunia. Batik Solo dikenal karena motifnya yang beragam dan juga kualitasnya yang sudah tidak dipertanyakan lagi. Dengan berkembangnya teknologi yang ada sekarang, batik sudah bisa diproduksi dengan berbagai cara. Jika dulu pembuatan batik dikenal dengan batik tulis yang dikerjakan secara manual, sekarang sudah ada cara modern seperti batik cap dan batik printing atau sablon.

Perbedaan Proses Pembuatan Batik

Berikut ini perbedaan dari ketiga cara pembuatan batik solo.

  • Batik tulis

Meskipun memiliki bentuk sama, antara ornamen satu dan yang lainnya terlihat agak berbeda. Bentuk isen-isen terlihat lebih rapi, rapat, dan tidak kaku.

  • Batik Cap

Setiap ornamen memiliki bentuk sama, namun isen-isen agak renggang, tidak rapi, dan kaku. Jika isen-isen tidak rapat maka bisa terjadi goresan yang tidak menyatu sehingga terlihat kasar.

  • Batik printing atau sablon

ornamen yang ada bisa jadi sama atau tidak tergantung desainnya. Batik ini meniru motif yang sudah ada. Namun warna batik ini kebanyakan tidak tembus karena proses pewarnaannya hanya satu sisi saja.

Perbedaan Berdasarkan Cara Pembuatan

  • Batik tulis dikerjakan secara manual menggunakan canting, lilin malam, pewarna, dan kain
  • Batik cap menggunakan stempel atau alat cap yang sudah memiliki pola motif batik. Stempel dicelupkan ke lilin malam, lalu dicap dengan ditekan ke kain. Prosesnya lebih cepat daripada batik tulis.
  • Batik printing atau sablon terlebih dulu di print di atas sablon di mana pembatikan dan pewarnaan dilakukan langsung tanpa membutuhkan lilin dan canting. Prosesnya tentu saja lebih cepat dari kedua proses pembuatan batik di atas.

Ketiga cara pembuatan batik di atas tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun batik tetaplah menjadi salah satu karya dari leluhur yang harus tetap dilestarikan bagaimana pun caranya. Batik solo yang dibuat dengan cara apa pun tetap memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.