Mengapa Bisa Ada Bruntusan?

Mempunyai bruntusan di wajah memang menyebalkan. Masalah kulit yang sering menyerang bagian wajah ini memang tidak boleh dianggap sepele. Karena jika Anda tidak segera menghilangkannya, yang ada justru bruntusan tersebut semakin banyak dan semakin susah untuk dihilangkan. Masalah kulit yang satu ini pun bukan hanya menyerang orang dewasa saja, namun juga remaja baik itu wanita dan pria.

Faktor Terjadinya Bruntusan

Saat seseorang mempunyai bruntusan pada wajahnya, maka hal itu akan membuat kepercayaan dirinya menurun. Masalah bruntusan ini sama seperti maslah jerawat. Anda pasti tidak mau wajah Anda yang tadinya mulus malah ditumbuhi bruntusan. bukan? Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan bruntusan.

  1. Hormon yang tidak seimbang

Biasanya hormon yang tidak seimbang ini karena adanya perubahan pada hormone Anda. Jerawat dan bruntusan bisa terjadi karena hormon Anda tidak seimbang. Pada saat seorang remaja sedang pubertas, hormon pun akan diproduksi lalu menyebabkan timbulnya bruntusan atau jerawat. Sedangkan untuk orang dewasa bisa jadi karena sedang menstruasi atau karena stress sehingga memicu hormon menjadi tidak seimbang dan akhirnya menyebabkan bruntusan.

  1. Tubuh sedang tidak fit

Saat Anda sedang tidak sehat, maka hal itu dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda pula. Jadi, jika Anda sedang tidak sehat, maka segeralah sembuhkan diri Anda bisa dengan cara meminum obat, minum vitamin, dan makan banyak buah-buahan serta sayuran. Jangan lupa pula untuk minum air 8 gelas sehari agar tubuh kembali bugar dan kulit pun tetap sehat. Hindari pula pola hidup yang tidak sehat seperti malas olahraga atau makan makanan instan.

  1. Alergi

Faktor yang terakhir adalah alergi. Karena tiap orang mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda-beda, maka alergi tidak selalu ditemukan pada setiap orang. Biasanya orang yang mempunyai alergi adalah alergi pada makanan. Contohnya alergi seafood atau alergi kacang. Saat orang yang mempunyai alergi memakan makanan tersebut maka pasti akan muncul reaksi alergi seperti gatal-gatal, bentol, kulit merah, bahkan juga bruntusan. Karena itulah jauhi makanan yang bisa membuat Anda alergi.

Itulah 3 faktor penyebab bruntusan.