Memilih Bibit Kambing Yang Ideal

Ada banyak yang perlu dipersiapkan untuk melakukan ternak kambing, mulai dari mempersiapkan kandang, persiapan kambing. Dalam melakukan ternak hewan kambing juga diperlukan pemilihan bibit kambing, mengingat banyak jenis kambing yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin berternak hewan kambing sebagai kambing untuk dipotong maka bibit yang dipilih sebaiknya jenis kambing kacang atau disebut kambing Jawa. Karena kambing jenis ini sangat cepat dalam berkembang biak, mudah beradaptasi di berbagai lingkungan, mudah gemuk, lebih tahan terhadap penyakit dan banyak yang minat daging kambing jenis ini. Tetapi jika untuk memperoleh susu kambing maka jenis kambing yang bisa dipilih adalah jenis kambing etawa karena banyak menghasilkan susu kambing. Selain itu juga bisa untuk kambing potong.

Cara Memilih Bibit Ideal Untuk Ternak Kambing Dengan Hasil Maksimal

Dengan sudah mengenal jenis kambing yang biasa untuk diternak maka adapun cara untuk memilih bibit kambing yang ideal. Pertama untuk memilih induk kambing yaitu pilihlah bentuk tubuh kambing yang seimbang, dada yang lebar, bentuk pinggang dan garis punggung yang lurus, tulang atau tubuh yang besar dan tidak kegemukan atau obesitas. Berkarakter jinak dan pastinya tidak galak, memiliki empat kaki yang tumitnya tinggi dan juga lurus. Mempunyai jumlah gigi yang lengkap, rahangnya rata, terlahir anak tunggal atau dari 2 peranakan.

Kemudian cara pemilihan kambing jantan yang ideal agar cepat gemuk dan beternak dengan maksimal. Pertama adalah  memiliki ukuran tubuh yang panjang dan juga besar, akan lebih bagus jika mempunyai bagian tubuh belakang yang tinggi dan lebih besar, mempunyai bentuk dada lebar, bobot kambing tidak begitu gemuk, memiliki badan yang gagah, dilahirkan 2 bersaudara atau lahir tunggal dan memiliki usia sekitar 1.5 sampai 3 tahun. Itulah beberapa cara dalam memilih jenis bibit kambing yang ideal agar didapatkan kambing yag lahir dengan maksimal dan juga akan memberikan keuntungan yang lebih. Jika Anda ingin beternak kambing mudah dan tanpa mencari pakan susah payah maka pakailah SOC HCS yang sudah tersedia di berbagai daerah atau bisa dilihat di web programhcs.com ada banyak info untuk usaha ternak hewan Anda dan sudah banyak bukti keberhasilan nyata.