Membuka Usaha Bimbel Kecil-Kecilan Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa adalah proses di mana kita dituntut untuk menjadi pribadi yang dewasa dan tahan banting. Selain itu, kita juga dituntun untuk menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif.  Akhir-akhir ini, banyak sekali usaha-usaha yang dilakukan oleh para mahasiswa. Tak jarang usaha tersebut sangat terkenal dan menarik minat banyak pelanggannya. Ini adalah salah satu bukti bahwa menjadi mahasiswa adalah saat yang tepat bagi kita untuk belajar berwirausaha.

Dimulai Dari Usaha Kecil-Kecilan

Sebagai mahasiswa, mencari penghasilan memang bukanlah tujuan utama karena tugas utama mereka adalah belajar. Namun, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa jika mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya sendiri. Hal inilah yang membuat mahasiswa jaman sekarang mulai memutar otak untuk mendapatkan uang tambahan. Usaha kecil-kecilan seperti bimbel pun mulai diminati. Lalu, bagaimanakah cara melakukan usaha ini? Berikut adalah cara-cara untuk membuka bimbel sendiri bagi kalian yang ingin melakukannya:

  • Cara Merekrut Pengajar

Membuka bimbel kecil-kecil sebenarnya tidak terlalu rumit. Namun, kita harus mempunyai teman-teman yang solid untuk menjalankan bisnis ini. Cara pertama yang kita harus lakukan ketika menjalankan usaha ini adalah merekrut pengajar. Pengajar-pengajar ini bisa kita rekrut dari teman-teman kita satu kampus yang memiliki minat dan kemampuan dalam mengajar. Jangan asal pilih pengajar. Tetap lakukanlah proses seleksi atau audisi dalam proses perekrutan pengajar. Buatlah peraturan pengajar yang mencakup tentang tata cara mengajar dan sistem pembayaran gaji mereka.

  • Cara mengembangkan Bisnis

Pada proses awal jangan terlalu banyak merekrut pengajar. Pastikan merekrut pengajar untuk mata pelajaran yang penting seperti Matematika, bahasa Inggris dan lain sebagainya. Setelah merekrut pengajar, lakukanlah promosi bimbel ke orang tua murid  Kalian bisa menawarkannya ke orang tua siswa yang sudah kalian kenal. Atau kalian bisa menerapkan promo murah yang lain untuk menarik minat orang tua siswa.

Selain mendapatkan uang tambahan, memiliki suatu usaha ketika masih menjadi mahasiswa tentunya dapat dijadikan pelajaran sebelum memasuki usaha atau bisnis yang sesungguhnya ketika sudah lulus nanti. Namun, tetaplah fokus dalam belajar karena tugas utama mahasiswa adalah belajar. Berikut di atas adalah cara membuka bimbel kecil-kecilan. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat.