Manfaat Menakjubkan Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak kegunaan seperti campuran makanan, minuman, atau hanya sebagai topping. Aroma kayu manis yang harum dan rasanya yang menghangatkan digemari banyak orang untuk dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Bahkan, di Amerika kayu manis juga digunakan sebagai campuran poutporri, yang merupakan awetan bunga yang biasanya digunakan untuk pajangan.

Beberapa Manfaat Menakjubkan Kayu Manis Untuk Kesehatan

Bukan tanpa alasan kenapa kayu manis dimanfaatkan untuk banyak hal mulai dari kuliner, produk kecantikan, kesehatan, hingga parfum. Kayu manis memiliki kandungan berharga yang sangat melimpah seperti antioksidan dan anti mikroba. Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan berperan penting untuk pencegahan proses penuaan dini. Sedangkan anti mikroba berperan penting untuk melawan bakteri dan kuman yang menyerang tubuh. Dari kandungan berharga tersebut, kayu manis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia.

  1. Menurunkan risiko gula darah

Gula darah merupakan masalah kesehatan yang menyerang pada aliran darah. Terdapat gumpalan yang mengalir bersamaan dengan darah di dalam otot sehingga mengakibatkan penggumpalan jika tidak segera diatasi. Dengan mengonsumsi minuman dari kayu manis secara teratur dapat mengatasi permasalahan gula darah yang bisa mengakibatkan kolesterol dan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan mencium aroma kayu manis, proses kognitif meningkat. Ketika mengonsumsinya, fungsi otak meningkat secara signifikan. Aroma menenangkan yang menguar dari kayu manis ini bahkan bisa mengatasi pembengkakan otak dan trauma akibat kecelakaan. Itulah mengapa banyak perkantoran yang menggunakan aroma kayu manis sebagai aroma pengharum ruangan mereka. Aroma kayu manis yang menenangkan dapat secara optimal mengurangi rasa stres akibat beban pekerjaan yang menumpuk.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Setelah makan makanan yang berlemak, lemak jahat di dalamnya biasanya akan mempengaruhi aliran darah di dalam tubuh. Ketika aliran darah tidak lancar, maka akan terjadi masalah pada jantung. Namun, dengan menambahkan rempah kayu manis ke dalam makanan, aliran di dalam tubuh masih tetap terjaga dengan baik meskipun baru mengonsumsi makanan berlemak. Dengan demikian kinerja jantung tetap terjaga dengan baik.