Manfaat Buah Pir Untuk Bayi Dan Balita

Banyak manfaat buah pir untuk kesehatan bayi dan balita. Buah ini dapat diambil manfaatnya sebagai sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat dibutuhkan buah hati kita dalam masa pertumbuhannya. Buah pir sangat baik untuk diperkenalkan kepada bayi sebagai makanan pendamping ASI pertama untuk bayi usia 6 – 8 bulan. Dapat diberikan kepada bayi dalam bentuk hasil kukusan buah pir yang diblender halus menyerupai bubur. Atau buah pir dihaluskan dan diambil airnya kemudian diberikan kepada bayi. Teksturnya yang ringan dan mudah dicerna sangat cocok diberikan sebagai asupan diet bayi.

Zat Dalam Buah Pir Yang Bermanfaat Untuk Bayi Dan Balita

Berikut adalah zat-zat yang termasuk dalam manfaat buah pir yang tentu sangat baik untuk bayi dan balita.

  • Vitamin Dan Mineral.

Buah pir merupakan sumber vitamin dan mineral bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita selain karbohidrat, protein, dan lemak. Manfaatnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan saraf penglihatan, perkembangan otak, pertumbuhan tulang, dan merangsang produksi sel darah merah.

  • Antioksidan

Zat ini merupakan biokimia penting yang dapat melindungi sel-sel, jaringan tubuh, dan DNA dari resiko kerusakan. Bayi pun rentan terhadap serangan radikal bebas yang disebabkan oleh makanan dan udara. Untuk itulah bayi dan balita memerlukan antioksidan yang cukup untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel, jaringan tubuh, dan DNA bayi.

  • Antimikroba

Antimikroba tidak hanya dikandung dalam buah pir saja, pohonnya pun memiliki sifat antimikroba yang sangat efektif menghalau spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Secara keseluruhan, zat-zat yang ada di dalam buah pir telah menciptakan berbagai manfaat dan kelebihan bagi pertumbuhan bayi dan balita. Yaitu mempercepat proses penyembuhan terhadap luka, merangsang sistem kekebalan tubuh, serta mencegah resiko alergi terhadap makanan. Manfaat buah pir bagi bayi dan balita terbukti telah mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Jadi ibu, jangan ragu lagi untuk memberikan buah pir setiap hari kepada buah hati. Selain bernutrisi tinggi, rasanya pun lezat.