Makanan Ibu Hamil Agar Anak Terlahir Cerdas

Hamil menjadi momen yang paling dinanti-nanti setelah menikah. Makanan yang dikonsumsi saat hamil menjadi elemen penting untuk diperhatikan karena dari makanan itulah nutrisi janin tersalurkan. Asupan nutrisi ibu hamil nantinya juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Oleh karena itu, sebagai seorang Ibu Anda harus memperhatikan pola makan dan nilai gizi dari makanan Anda. Agar anak terlahir cerdas,  Anda perlu memilah makanan yang hendak dikonsumsi.

Makanan Yang Baik Untuk Kecerdasan Otak Janin

  • Salmon

Salmon kaya akan omega 3 serta protein yang akan membangun dan menyusun kepekaan otak serta kekuatan bayi. Untuk pengolahan ikan salmon sebaiknya hindari penggunaan MSG atau bahan kimia serta minyak berlebih. Masaklah salmon hingga matang sempurna untuk menghindari bakteri berbahaya.

  • Telur

Telur merupakan salah satu bahan yang mengandung Choline yang bisa membantu perkembangan otak bayi. Selain itu, telur juga mempunyai kandungan vitamin, mineral dan kalsium dan protein cukup tinggi.

  • Produk Susu

Makanan sehat berikutnya agar anak terlahir cerdas adalah produk susu. Produk susu seperti keju, yoghurt serta susu murni sendiri mengandung aneka vitamin, kalsium, protein, magnesium yang akan membantu pembentukan tulang bayi dan meningkatkan perkembangan otak janin. Selain itu kandungan bakteri baik pada yoghurt akan membantu kelancaran pencernaan.

  • Minyak Ikan

Minyak ikan yang biasa digunakan adalah minyak ikan kod yang mana ikan ini hidup di perairan kedalaman yang secara otomatis perairannya masih baik sehingga menghasilkan minyak ikan yang berkualitas. Minyak ikan ini akan membantu meningkatkan perkembangan otak janin dan mencerdaskannya.

  • Kacang Polong

Pada awal kehamilan, bagi Anda para calon ibu disarankan untung mengkonsumsi kacang polong. Manfaat mengkonsumsinya yaitu akan menjaga kesehatan janin dan ibunya serta agar berat badan bayi menjadi ideal serta tidak lemah saat persalinan. Kacang polong juga mengandung flavonoid, carotenoid, asam folat serta polyphenol yang baik untuk melindungi dan mengontrol perkembangan otak bayi agar senantiasa sehat.

  • Bayam, Brokoli dan Sayuran Hijau Gelap Lainnya

Sayuran hijau mengandung antioksidan, kalsium, vitamin A, potassium, kalsium serta serat yang tinggi yang akan membantu agar perkembangan janin tetap sehat serta memberi nutrisi bagi tubuh ibunya.

Demikian beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh Ibu hamil agar anak terlahir cerdas dan sehat, begitu pun dengan ibunya.