Mainan Untuk Perkembangan Motorik Anak

Pada masa bayi bermain suatu permainan bukan hanya untuk hiburan, akan tetapi juga sebagai pendidikan motorik anak. Pada situs ini telah banyak dibahas mengenai tahapan perkembangan bayi dan cara menanganinya. Pada artikel kali ini akan dibahas permainan yang cocok untuk anak dalam rangka perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik anak adalah perkembangan fisik dan kelincahan anak.

Mobil-Mobilan

Bermain mobil-mobilan dapat melatih ketrampilan tangan anak, dengan bermain mobil-mobilan tangan anak dilatih untuk menggerakkan benda yang cukup sulit untuk dikendalikan. Dengan semakin sering balita bermain mobil-mobilan maka tangan balita tersebut akan semakin lincah dalam menanggapi gerakan yang cepat. Selain mengembangkan fisik motorik anak, bermain mobil-mobilan juga merangsang insting anak untuk berpetualang dan menjelajah alam sekitar.

Bermain Puzzle

Permainan puzzle memiliki banyak versi, seperti permainan menyusun puzzle membentuk gambar tertentu, memasukkan benda dengan bentuk tertentu dan sebagainya. Permainan puzzle memberikan manfaat kepada motorik anak untuk mengenali bentuk dan menyesuaikannya. Setelah memahami bentuk kemudian anak diminta untuk memasukkan atau meletakannya sesuai dengan wadahnya. Jadi selain memahami bentuk motorik anak dilatih untuk mampu menyesuaikan bentuk benda tersebut. Untuk berbagai macam permainan puzzle bisa dilihat di situs ini.

Walker

Mungkin sebagian dari ibu rumah tangga menganggap permainan walker atau alat bantu jalan anak balita adalah alat bantu biasa, yang hanya mengajari anak untuk bisa lebih cepat berjalan. Tetapi ternyata alat bantu jalan atau walker ini juga berkontribusi untuk mengembangkan motorik anak. Dengan alat bantu jalan tersebut, seorang balita akan terlatih kakinya untuk bergerak aktif dan bebas. Selain itu permainan walker membuat kaki anak menjadi lebih lincah karena pada walker kaki anak dibiarkan bebas bergerak.

Demikian beberapa perlakuan yang bisa diberikan untuk balita dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik anak. Masa-masa anak-anak merupakan saat yang tepat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tahapan perkembangan anak dan cara menanganinya silahkan simak tulisan lain di situs ini.