Laporan Keuangan Laba Rugi Beserta Contohnya

Laporan keuangan  memiliki berbagai macam bentuk pelaporan. Untuk itu, menjadi hal yang wajar jika saat Anda mencari informasi tentang contoh laporan keuangan, maka yang keluar akan ada banyak macamnya. Salah satu jenis laporan keuangan yang sebaiknya Anda ketahui adalah Laporan Laba Rugi. Laporan yang satu ini memang sangat penting karena mencakup berbagai informasi penting yang bisa berguna untuk keuangan perusahaan di periode mendatang. Untuk itu, agar bisa menulis laporan laba rugi dengan sebaik-baiknya, simak beberapa hal penting terkait laporan laba rugi berikut ini.

Jenis Penulisan Laporan Laba Rugi Berdasarkan Bentuk

Menurut bentuknya, seperti yang bisa Anda dapatkan dari berbagai contoh laporan keuangan, laporan laba rugi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Single Step

Pada bentuk yang satu ini, pengelompokan untuk akun dan juga alur menjadi lebih mudah. Mengapa demikian? Pada laporan single step, keuntungan dan juga pendapatan di tulis di bagian awal laporan. Setelah itu, baru diikuri dengan berbagai biaya atau beban dalam bentuk apapun yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Setelahnya, baru bisa dicari selisih antara total beban dan juga total pendapatan. Dari data terakhir tersebut bisa diketahui kondisi apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian.

  • Multiple Step

Jika dibanding dengan bentuk yang sebelumnya, bentuk yang satu ini menjadi sedikit lebih rumit. Dalam penulisan pelaporan yang satu ini, Anda perlu untuk memisahkan antara transaksi non-operasional dan juga operasional. Selain itu, Anda juga harus membandingkan biaya yang dikeluarkan dengan biaya yang dihasilkan. Jika Anda menggunakan laporan laba rugi yang satu ini, Anda bisa menunjukkan perbedaan antara aktivitas biasa dan juga aktivitas di luar dugaan dengan adanya laporan laba operasional.

Kedua bentuk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika laporan single step akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih sederhana, laporan multiple step membuat pekerjaan Anda menjadi lebih detail. Begitu pula dengan laporan setiap pengeluaran baik pengeluaran normal atau pun pengeluaran insidental atau dadakan. Untuk belajar lebih lanjut terkait dengan laporan laba rugi dan laporan keuangan lainnya, kunjungi www.akuntansilengkap.com.