Langkah Sederhana Mengatasi Penyakit Keputihan

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengatasi keputihan. Minimnya pengetahuan terkait dengan penyakit keputihan pada wanita, sering kali menganggap bahwa keputihan merupakan hal yang wajar. Pada dasarnya keputihan yang dialami wanita tidak selamanya normal. Jika keputihan yang dialami berlebihan. Keputihan menjadi tidak normal disebabkan adanya infeksi jamur, penggunaan alat kontrasepsi, penggunaan antibiotik dan sebagainya. Sedangkan ciri-ciri keputihan yang tidak normal di antaranya timbul rasa gatal, berbau, dan perubahan warna. Tentunya hal ini perlu diwaspadai mengingat jika dibiarkan akan berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk itu mari kita simak beberapa penanganan bagi keputihan yang tidak normal. Berikut ulasannya.

Cara Sederhana Mengatasi Keputihan

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi keputihan di antaranya, jika Anda sedang menggunakan antibiotik maka perbanyaklah meminum yoghurt. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terkena infeksi jamur. Kemudian gunakanlah krim anti jamur apabila keputihan yang dialami disebabkan oleh infeksi jamur. Menggunakan air rebusan daun sirih dapat digunakan sebagai cara mengatasi keputihan secara alami. Karena antiseptik yang terkandung di dalamnya membantu membunuh bakteri yang dapat berkembang di area vagina. Bila terlihat keputihan mulai menunjukkan tanda yang membahayakan maka segeralah memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Keputihan dapat dihindari dengan beberapa cara mudah, antara lain dengan membersihkan bagian luar organ intim kewanitaan secara teratur. Kemudian gunakan pakaian dalam dengan bahan yang nyaman agar tidak lembap dan lengket agar mengurangi risiko infeksi karena jamur. Membersihkan vagina, gunakan dengan air hangat dan hindari menggunakan yang terlalu sering sabun antiseptik yang tidak beraroma kuat dan alangkah lebih baik sebisa mungkin bersihkan vagina hanya gunakan air saja tanpa menggunakan sabun. Tentunya yang terpenting yaitu dengan terlebih dahulu mencegah terjadinya keputihan lebih baik daripada mengobati. Selalu menjaga kebersihan daerah intim agar terhindar dari beberapa infeksi yang dapat menyebabkan keputihan tidak normal. Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi keputihan yang dapat dilakukan ketika mengalami gangguan keputihan. Kurang lebihnya semoga bermanfaat.