Kuku Sehat, Tubuh Sehat

Meskipun terdengar sangan aneh, namun kita harus bisa menjaga kesehatan kuku kita. Kuku telah melindungi ujung-ujung jari kita yang sangat rawan, lembut serta memiliki banyak saraf. Jika tidak memiliki kuku mungkin saraf-saraf pada ujung jari kita akan mudah terluka. Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang berada pada kaki dan tangan. Kuku juga berfungsi untuk melindungi kotoran masuk ke dalam ujung jari. Walau terlihat sangat sepele, banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan kuku sendiri. Padahal, Sang Pencipta tidak mungkin memberikan kuku jika tidak memiliki manfaat.

Cara Menjaga Kuku

Walaupun kuku tidak terlihat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun kuku tetap memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh kita. maka dari itu, kita harus menjaganya dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk merawat kuku:

  1. Potong Kuku

Memotong kuku pada kaki maupun tangan harus dilakukan secara teratur agar kotoran yang menempel pada kuku tidak dengan sengaja kita telan ketika makan menggunakan tangan.

  1. Pakai minyak zaitun

Seringlah menggunakan minyak zaitun agar kuku tetap terjaga kelembapannya. Minyak ini juga dapat mencegah kuku terkena jamur dan bakteri lainnya.

  1. Gunakan gunting kuku

Jangan pernah memotong kuku dengan gigi Anda! Karena hal tersebut dapat membuat kuku menjadi infeksi bahkan trauma. Gunakanlah gunting kuku yang tajam sehingga tidak akan terjadi kesalahan ketika memotongnya.

Cara Kuku Memberikan Sinyal

Siapa sangka jika kuku yang dianggap tidak penting itu dapat memberikan sebuah sinyal kepada kita jika kita sedang terserang sebuah penyakit. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Jari tabuh

Ujung kuku jadi keras dan membulat jika tubuh kita mengalami penurunan kadar oksigen bahkan menjadi rendah di dalam darah, gangguan hati, AIDS, peradangan usus, dan gangguan pernafasan lain.

  • Garis mess

Kuku yang tiba-tiba memiliki garis melintang di tengah menggambarkan jika Anda mengalami keracunan arsenic dan Anda harus segera menemui dokter.

  • Kuku Kuning

Jika kuku Anda tiba-tiba jadi berwarna kuning pucat dan pertumbuhannya menjadi lambat bahkan ada yang sampai terlepas berarti Anda mengalami pembengkakan pada pembuluh dara tangan, sinusitis, asma, bronchitis, dan gangguan pada selubung paru-paru.