Kenali Penyakit Jantung Dan Gejala-Gejalanya

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Jantung adalah anggota tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi yang berulang dan berirama. Jika sampai jantung berhenti memompa darah atau beroperasi, maka manusia akan mati. Kerja jantung yang tidak normal bisa dikatakan merupakan penyakit jantung. Hal ini jelas sangat berisiko ketika tidak diketahui dan ditangani dengan benar.

Gejala Yang Bisa Dirasakan Ketika Memiliki Penyakit Jantung

Peran yang amat vital dati jantung haruslah benar-benar dijaga kesehatannya dengan baik. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mengenali gejala ketika jantung tidak wajar dalam beroperasi atau memiliki penyakit jantung. Mengenali lebih dini menjadikan penanganan atau pengobatan bisa cepat dilakukan agar risiko lebih parah bisa dihindari. Ini adalah beberapa gejala dari penyakit jantung yang bisa terlihat:

  • Gampang mendapatkan rasa nyeri pada tubuh

Setiap tubuh beraktivitas, maka rasa nyeri akan mudah sekali datang pada beberapa bagian tubuh. Jantung yang tidak beroperasi maksimal menjadikan proses laju darah akan terganggu. Suplai darah pada otot akan terhambat sehingga rasa kram, nyeri pada tubuh bisa dirasakan setiap harinya.

  • Keluar keringat secara berlebih

Mengeluarkan keringat dari tubuh manusia memang sangat wajar ketika selesai beraktivitas, berolahraga, ataupun cuaca panas. Namun ketika tubuh mengeluarkan keringat berlebih padahal tidak sedang melakukan apa-apa, maka harus segeralah diperiksa. Hal tersebut bisa menjadi ciri penyakit jantung.

  • Laju jantung yang cepat secara tiba-tiba

Laju denyut jantung yang cepat secara tiba-tiba dan tidak beraturan haruslah sangat diwaspadai. Hal tersebut bisa saja merupakan gejala dari penyakit jantung. Laju jantung yang tidak beraturan disebabkan oleh penebalan otot jantung. Otot katup jantung yang menebal bisa mengakibatkan kebocoran jantung.

  • Tubuh membengkak

Gejala selanjutnya yang bisa mengindikasikan penyakit jantung adalah beberapa bagian tubuh membengkak. Membengkaknya beberapa bagian tubuh disebabkan karena menumpuknya cairan tubuh pada bagian tersebut. Aliran darah yang tidak lancar membuat pembengkakan bisa terjadi. Biasanya pembengkakan bisa dilihat dari bagian wajah, perut, ataupun kaki.