Kenali Alergi Obat Secara Sederhana

tips kesehatan

tips kesehatan

Jika berbicara mengenai proses reaksi alergi yang terjadi pada tubuh manusia pada dasarnya terjadi akibat adanya respons tubuh dari zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Respons dari zat asing dan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan beberapa gejala yaitu bentol-bentol, kulit memerah, sulit bernafas atau sesak nafas, mata merah atau mata berair, kulit terasa terbakar, hidung berlendir, hingga terjadi pembengkakan. Beberapa hal tersebut merupakan reaksi alergi yang dapat timbul dari berbagai zat alergen. Alergi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang paling utama adalah faktor keturunan. Selain faktor keturunan atau faktor genetik, reaksi alergi dapat disebabkan oleh alergi makanan seperti udang, alergi udara dingin, alergi debu  hingga  konsumsi obat tertentu. Alergi obat cukup menarik untuk di bahas di dalam ulasan ini karena obat termasuk zat yang tidak lepas dari beberapa hal yang dapat menyembuhkan penyakit yang tengah diderita. Jika terjadi demikian, lalu bagaimana untuk dapat melawan respons penyakit yang diderita?

Bagaimana Proses Alergi Obat Yang Dirasakan Oleh Penderita?

Alergi obat bukan termasuk hal yang asing dan bahkan beberapa orang pernah mengalami hal tersebut. Alergi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan dan juga kesalahan sistem kekebalan tubuh dalam menerima zat asing. Jenis obat yang memiliki resiko alergi bagi para konsumennya adalah antibiotik seperti penisilin, anti inflamasi non steroid, aspirin, insulin, vaksin, anti kejang dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya Anda mengenali sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki terlebih dahulu sehingga akan menurunkan resiko alergi yang dapat Anda rasakan.

Alergi obat yang terjadi dalam tubuh manusia terkadang tidak dapat langsung dirasakan oleh penderita melainkan melalui beberapa tahap. Tahap pertama sebagai resiko alergi obat adalah sistem kekebalan tubuh akan menerima respons yang diberikan oleh obat sebagai zat berbahaya sehingga tubuh akan mengembangkan antibodi secara perlahan. Selanjutnya antibodi yang dimiliki oleh tubuh akan menyerang obat yang dinilai sebagai substansi berbahaya sehingga akan memicu beberapa gejala yang telah disebutkan di atas pada umumnya. Alergi bukan termasuk jenis penyakit yang dapat disembuhkan secara cepat dan total melainkan hanya dapat diredakan dengan beberapa jenis pengobatan. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat alergi sebaiknya memilih dan memilih jenis makanan atau obat yang akan Anda konsumsi.