Keistimewaan Yang Terdapat Pada Logo PU

jika kita melihat logo dari kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat mungkin kita akan berpikiran bahwa logo tersebut terlalu simpel dan tidak necis dengan pemakaian logonya. Yang mana logo pu bisa dimungkinkan tidak membuat perancang grafis tertegun dan berdecak kagum. Akan tetapi disamping semua itu, apabila kita mampu mengamatinya dengan teliti dan jeli, kita akan menemukan sesuatu yang istimewa dari lambang tersebut.

Beberapa Keistimewaan Dari Logo Pu Jika Diamati Secara Detail

Lambang dari kementerian pekerjaan umum atau yang biasa di singkat PU biasanya kita temui di sekitar jalan ataupun jembatan yang terlihat biasa saja ternyata ada beberapa keistimewaan  dari logo pu yang bisa kita ketahui, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pu merupakan kementerian pertama

Kementerian pertama yang ada di Indonesia ialah kementerian pekerjaan umum, yang mana pada saat dibentuknya kementerian ini masih bernama departemen, kementerian yang sudah ada sejak zaman belanda ini memiliki logo khusus yang harus mewakili nama dan citra dari lembaga yang bersangkutan, yaitu mengenai pekerjaan umum.

  • Logo merupakan hasil dari sayembara pada zaman colonial belanda

Logo yang sekarang dipakai oleh kementerian PU merupakan hasil sayembara kedua yang dilakukan pada bulan September 1966. Logo yang dihasilkan bukan merupakan hasil sayembara yang pertama dikarenakan pada sayembara pertama yang diadakan pada bulan Agustus 1966 ternyata tidak menghasilkan logo yang disepakati. Pada sayembara kedua akhirnya didapatkan lambang dari pu yang dimenangkan oleh Achmad Dzulfikar setelah melakukan banyak penyesuaian untuk menyesuaikan dengan beberapa aturan. Hal ini juga dimantapkan di kepmen pu nomor 150/A/KPTS/10 pada bulan November 1966.

  • Rancangan utama menggunakan bentuk baling-baling

Yang mana pada bagian yang berwarna biru tua merupakan gambar baling-baling yang memiliki makna berupa keteguhan hati, kesetiaan, serta keadilan sosial dan juga memiliki makna berupa ketegasan yang harus kita pilih dalam bertindak.

Demikianlah tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan melalui artikel tentang keistimewaan yang dimiliki pada logo pu. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi kita serta mampu dijadikan sebagai hasanah ilmu pengetahuan yang baik.