Jenis-Jenis Vitamin Lovebird

Mengapa vitamin lovebird penting untuk diberikan? Sebenarnya apa tujuan dari pemberian vitamin untuk lovebird? Vitamin untuk lovebird sangat penting untuk diberikan karena ternyata pakan burung yang selama ini diberikan belum bisa memberikan nutrisi yang diperlukan bagi lovebird. Ternyata cukup banyak penghobi burung yang tidak tahu masalah yang satu ini. Padahal vitamin merupakan makanan tambahan yang tidak bisa didapatkan pada pakan burung sehari-hari.

Karena itulah lovebird perlu diberikan makanan tambahan seperti vitamin, mineral, asam amino, dan hormon. Selain itu jangan lupa untuk memberikan makanan tambahan dengan jumlah yang pas. Memberikan vitamin secara berlebihan juga tidak baik.

Vitamin Lovebird Yang Wajib Diberikan

Berikut ini kami berikan beberapa jenis vitamin lovebird yang wajib diberikan. Jika tidak segera diberikan maka akan terlihat efeknya pada lovebird.

  1. Vitamin A

Vitamin A mempunyai peranan yang sangat penting agar fungsi psikologis burung bisa berjalan dengan normal. Namun vitamin A memang merupakan salah satu vitamin yang penting untuk lovebird. Vitamin A membantu reproduksi, pertumbuhan tubuh lovebird, penglihatan yang baik, dan daya tahan akan infeksi. Vitamin A bisa Anda temukan pada sayuran berwarna hijau, jagung, biji-bijian berwarna hijau, serta minyak ikan. Burung yang kekurangan vitamin A maka berisiko matanya membengkak permanen dan kaki yang berlilin.

  1. Vitamin B

Vitamin B jika tidak diberikan maka bisa membuat lovebird menjadi tidak nafsu makan. Jadi, vitamin B sangat penting untuk meningkatkan nafsu makan lovebird serta bisa memproses metabolisme burung dengan lebih baik lagi. Cadangan karbohidrat yang biasanya digunakan oleh otot maka bisa diubah menjadi energi. Vitamin B sangat penting karena jika tidak mendapatkan nutrisi dari vitamin yang satu ini, maka lovebird bisa mengalami gangguan pada mentalnya. Selain itu, kelelahan pada otot burung juga akan cepat terjadi. Vitamin B sangat bermanfaat untuk sistem syaraf, pencernaan, fungsi jantung, serta memecah lemak berubah menjadi tenaga.

Itu dia dua vitamin lovebird yang harus Anda berikan agar lovebird kesayangan Anda tetap sehat. Namun ingat jangan memberikan terlalu banyak.