Jangan Gunakan Masker Sekali Pakai Untuk Beberapa Kali

Masker memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satu manfaat yang ada adalah melindungi pernapasan dari hirupan debu-debu jahat. Masker sangat penting dipakai ketika Anda bepergian menaiki motor dan dalam perjalanan yang jauh. Sekarang ada masker praktis yang biasa dipakai hanya sekali pakai saja. Namun banyak yang mengagunkannya berkali-kali. Apakah itu baik-baik saja?

Tentu saja tidak. Anda yang sering kali menggunakan masker sekali pakai untuk beberapa kali pakai malah akan membahayakan Anda. Ada banyak sekali kuman yang akan menempel pada masker jika Anda menggunakannya berkali-kali. Kenyataannya bukan malah melindungi dari virus karena malah virus tersebut langsung bisa menyebar melalui pernapasan Anda dengan masker yang sudah kotor yang Anda gunakan.

Bahaya Menggunakan Masker Yang Sudah Kotor

Ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dengan menggunakan masker sekali pakai yang digunakan berkali-kali.

  1. Virus dapat menyebar dengan cepat. Sudah dapat dipastikan bahwa bukan malah menghalangi virus masuk, namun virus dengan mudahnya masuk ke dalam pernapasan Anda. Ini karena masker yang digunakan berkali-kali akan menyerap debu dan kotoran yang sangat banyak.
  2. Menyebabkan flu. Secara tidak langsung, jika virus masuk ke dalam tubuh Anda akan membuat Anda menjadi sangat rentan terkena penyakit seperti flu. Karena virus yang dibawa ini merupakan virus yang menyerang daya tahan tubuh. Anda akan mengalami gejala seperti meriang, pusing dan sebagainya.
  3. Membuat wajah semakin kotor. Jika Anda memiliki tujuan agar wajah semakin bersih, dengan menggunakan masker berkali-kali pakai malah akan membuat wajah Anda semakin kotor. Inilah yang merugikan Anda karena wajah yang semua baik-baik saja malah akan teraga gatal setelah menggunakan masker kotor ini

Selain tiga di atas, tentu masih ada banyak bahaya jika Anda menggunakan masker yang sudah kotor dan Anda pakai berkali-kali. Lebih baik Anda menggunakannya dalam waktu sekali sehari dan maksimal dua kali pemakaian setelah itu Anda bisa membuangnya. Jika ingin praktis Anda bisa menggunakan masker dari kain yang tentu pasti akan Anda cuci, ini malah akan lebih aman daripada masker sekali pakai yang dipakai berkali-kali.