Jaga Kesehatan Rambut, Mahkota Wanita

Rambut kita harus selalu dijaga, khususnya para wanita. Rambut pada wanita merupakan sebuah mahkota yang menghiasi kepalanya. Alangkah indahnya jika kita para wanita memiliki rambut sehat kuat, tidak bercabang, dan berkilau. Kita akan menjadi percaya diri untuk berpergian, dan tentunya akan membantu menunjang kegiatan kita. Rambut berkilau tidak hanya berwarna hitam, rambut blonde pun bisa terlihat sehat. Tetapi tidak jarang kita menemukan wanita Indonesia yang mencoba untuk mewarnai rambutnya menjadi warna kuning. Tidak salah jika kita mewarnai rambut kita, tetapi kita harus melihat kualitas semir pewarna rambut tersebut dan jangan terlalu sering mewarnai rambut. Banyak pula wanita yang melakukan perawatan terhadap rambut, dan menggunakan alat pelurus ataupun alat pengriting. Baik perawatan ataupun pemakaian pewarna rambut, dua-duanya mengandung zat kimia yang tentunya mempunyai dampak negatif bagi kulit kepala kita dan rambut kita.

Dampak Kandungan Zat Kimia Pada Produk Perawatan Rambut

Zat kimia yang terkandung pada pewarna rambut tidak boleh sering-sering menempel pada rambut kita juga kulit kepala kita. Zat kimia baik dari pewarna rambut dan hasil perawatan jika dipakai dalam kuantitas yang banyak akan membuat kulit kepala dan rambut kita menjadi kering pada jangka panjang. Kelenjar minyak yang diproduksi kulit kepala yang tadinya berjumlah sangat banyak menjadi makin berkurang karena efek zat kimia tersebut.

Produk sampo yang kita pakai juga tidak luput dari zat kimia. Pilihlah sampo yang mengandung zat alami baik itu ekstrak dari tanaman atau buah yang berkhasiat. Hindari sampo yang mengandung banyak konsentrat zat kimia. Bila sudah terlanjur memakai sampo yang mengandung zat kimia yang kandungan kimianya cukup banyak, maka kita harus mengurangi proporsi pemakaian sampo. Jika biasanya kita keramas dengan sampo kita 6 – 7 kali seminggu, keramaslah 2 atau 3 kali seminggu untuk pemakaian sampo dengan kandungan zat kimia yang tinggi. Dari ulasan diatas perlu kita ketahui bahwa produk rambut hampir semuanya mengandung zat kimia, bedanya terdapat pada kuantitas komposisi zat kimia tersebut.