Isilah Kwitansi Dengan Cara Yang Benar

Salah satu dokumen atau surat yang digunakan sebagai tanda bukti transaksi pembayaran adalah kwitansi pembayaran. Dengan adanya bukti ini, Anda akan lebih terpercaya dalam melakukan pembayaran apapun. Anda bisa cek di laman website khanfarkhan.com untuk mendapatkan referensi ilmu mengenai kegiatan akuntansi.

Karena Uang Adalah Hal Yang Sensitif

Jika Anda melakukan sebuah pembayaran, terlebih lagi pembayaran dalam jumlah yang besar, sangat disarankan untuk Anda menggunakan kwitansi sebagai bukti yang otentik. Karena terkadang jika tidak disertai dengan kwitansi, pembayaran Anda bisa saja tidak diklaim dengan benar dari pihak penerima uang. Kadang terjadi kasus tanpa dibuatkannya kwitansi, bukti pembayarannya pun tidak ada dan tidak bisa di pertanggungjawabkan. Tentunya tidak mau kan hal ini terjadi kepada Anda?

Oleh karena itu, berikut ada beberapa cara untuk mengisi sebuah kwitansi dengan benar agar nantinya Anda tidak terjerumus ke masalah yang lebih lanjut. Karena membicarakan uang itu sangat sensitif pada zaman sekarang ini. Anda bisa mempelajarinya juga dari khanfarkhan.com, dan mempelajari kegiatan akuntansi lain.

Pertama, perhatikan materai yang Anda gunakan pada kwitansi Anda. Penggunaan materai pun ada tata caranya sendiri, karena berbeda jumlah uang, berbeda pula materai yang digunakan. Apabila transaksi Anda pada rentang nominal Rp. 250,000,- hingga Rp 1,000,000,- gunakanlah materai 3000 pada kwitansi Anda. Lalu jika transaksi Anda melebihi Rp. 1,000,000,- gunakanlah materai 6000. Dan bila transaksi Anda di bawah Rp. 250,000,- Anda tidak perlu menggunakan materai.

Kedua, jika transaksi yang Anda lakukan dalam jumlah uang yang besar, gunakanlah dokumen pendukung untuk lebih mengikat transaksi Anda. Anda diperbolehkan untuk membuat surat perjanjian dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak untuk lebih menguatkan lagi kwitansi yang Anda buat, dan sertakan saksi untuk menguatkan legalitas dokumen Anda.

Ketiga, tips tambahan untuk mengisi kwitansi, yakni jangan pernah menandatangani satu kwitansi kosong, penulisan tempat dan tanggal harus dekat dengan tanda tangan orang yang menerima uang, lalu penulisan di dalam kwitansi harus jelas tidak ada yang kurang atau lebih. Anda dapat mempelajari lebih lanjut di laman website khanfarkhan.com.