Hidup Sehat Investasi Masa Depan

Pada saat ini seiring berkembangnya zaman membuat banyak orang hidup dengan gaya sedentary. Gaya sedentary merupakan gaya hidup yang membuat orang malas untuk melakukan sesuatu, hal ini karena semuanya sudah serba gampang untuk dilakukan. Gaya ini menyebabkan berbagai penyakit muncul pada tubuh manusia, termasuk salah satunya penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan jaringan atau organ seseorang memburuk dari waktu ke waktu.

Cara Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Secara teori penyakit ini dapat muncul hanya pada orang yang berusia lanjut, namun pada faktanya sekarang yang terjadi banyak orang dewasa bahkan yang masih muda banyak yang terkena penyakit degeneratif. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, terutama dari gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, serta tidak menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Seperti diketahui bahwa hidup sehat merupakan investasi bagi masa depan. Hidup sehat pada dasarnya berasal dari kesadaran dalam diri. Banyak orang yang mulai melakukan hidup sehat setelah mengidap penyakit. Jadi sebelum penyakit bersarang dalam tubuh sebaiknya kita mulai hidup dengan cara yang sehat agar terhindar dari penyakit. Beberapa cara hidup sehat yang perlu diperhatikan.

  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan dua jenis makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Karena sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua bahan makanan ini juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam sehari diwajibkan mengonsumsi 4 porsi sayur. Jika Anda tidak suka mengonsumsi sayur dan buah, maka mulailah dari sekarang untuk mengonsumsinya demi kesehatan di masa depan.

  • Konsumsi air putih yang cukup

Konsumsi air putih merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Sebaiknya untuk meminum air putih jangan menunggu haus, karena pada faktanya jika sudah merasa haus berarti sudah merupakan gejala dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa hal seperti pusing, bahkan hingga pingsan. Anjuran minum air putih dalam sehari yaitu 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

  • Cukup aktivitas fisik

Anjuran aktivitas fisik dalam seminggu minimal 3 kali dengan minimal waktu 30 menit. Banyak cara yang dapat dilakukan seperti joging, bulu tangkis, bersepeda, dan lainnya.

Demikian artikel tentang cara hidup yang sehat. Hidup sehat harus dimulai sejak dini agar menuju masa depan yang sehat dan bebas penyakit.