Fitur Dalam Aplikasi Kasir Dan Fungsinya

Pada dasarnya antara istilah program kasir maupun aplikasi kasir memiliki pengertian yang sama, yaitu sebuah sistem pencatatan transaksi yang berbasis cloud yang akan membantu proses transaksi penjualan menjadi cepat dan efektif. Biasanya sistem ini sudah terprogram dengan integrasi tinggi dan menyeluruh sehingga dapat langsung masuk ke dalam sistem pengawasan di backoffice sehingga informasi yang didapat dapat langsung diproses menjadi pelaporan keuangan dan data penjualan yang real time.

Fitur-Fitur Dalam Aplikasi Pencatatan Kasir

Beragam fitur yang disediakan dalam aplikasi kasir kini sudah semakin canggih dan modern. Ini tidak terlepas dari semakin berkembangnya teknologi accounting yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan dalam industri programming accounting. Dan karena permintaan yang semakin banyak, kemudian software yang dikembangkan pun semakin luas dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri.

Secara umum, aplikasi penjualan yang paling erat hubungannya dengan kegiatan kasir adalah program yang paling banyak pesanannya, dan fitur-fitur yang disediakan secara umum adalah :

  • Fitur Penjualan Kasir.

Dalam fitur ini disediakan program yang dapat memudahkan proses transaksi di meja kasir. Selain itu fitur ini menggantikan kinerja mesin kasir atau mesin cash register yang masih banyak kekurangannya, yaitu salah satunya adalah masih harus dilakukan pengecekan ulang secara manual data penjualan yang terjadi. Tentunya hal tersebut sangat menyita waktu dan kemungkinan resiko terjadinya kesalahan cukup besar.

  • Fitur Manajemen Pelanggan.

Ini adalah salah satu fitur yang ditawarkan dalam aplikasi penjualan kasir yang akan menyimpan seluruh data pelanggan yang telah terdaftar sehingga pemilik usaha dapat memanajemen pelanggan dengan membuat strategi bisnis berupa promo maupun program khusus pelanggan sehingga akan memberikan kontribusi penjualan yang cukup signifikan untuk perusahaan.

  • Fitur Manajemen Inventory

Dan salah satu fitur terpenting dalam aplikasi kasir adalah manajemen inventory. Fitur ini akan membantu pemilik usaha mengatur dan mengontrol kesediaan stok barang meskipun ia tidak ada di dalam gudang. Bahkan beberapa fitur telah diciptakan dengan dilengkapi stock alert yang akan memberikan notifikasi agar terhindar dari kejadian kehabisan stok bahan baku.