Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu

Kehadiran internet yang semakin canggih dan sangat mudah di akses oleh siapa pun bagaikan dua sisi koin yang saling berlawanan. Pada satu sisi kehadiran internet membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai. Namun, di sisi lain mudahnya akses internet membuat tidak kriminal di internet semakin meningkat. Lowongan kerja pabrik palsu dan jenis lowongan palsu lainnya merupakan salah satu contoh penggunaan internet untuk tindak kejahatan. Banyak di antara para pelamar kerja kemudian malah mengeluarkan banyak biaya karena penipuan yang dilakukan dengan modus lowongan pekerjaan. Berikut beberapa ciri-ciri penipuan lowongan pekerjaan yang harus kita hindari.

Tidak Memiliki Alat Situs Dan Email Resmi

Perusahaan yang terpercaya biasanya akan memiliki situs website dan alamat email resmi yang bisa kita akses dengan mudah. Situs resmi yang berbayar menunjukkan bahwa perusahaan tersebut kredibel dan dapat dipercaya. Jika lowongan kerja pabrik atau perusahaan yang akan Anda lamar tidak memiliki website maupun alamat email resmi berbayar, maka patut dicurigai. Situs resmi yang berbayar biasanya akan diakhiri dengan .com, .net, .co.id, sedangkan untuk situs gratisan biasanya menggunakan .blogspot.com, wordpress.com, dan lain sebagainya.

Gaji Yang Terlampau Besar

Mendapat gaji yang besar memang dambaan semua orang. Namun kita harus sangat berhati-hati jika lowongan pekerjaan yang akan kita lamar menawarkan gaji besar yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang kita lakukan. Kemungkinan besar lowongan kerja tersebut palsu dan harus dihindari.

Tawaran Kerja Tanpa Lamaran

Jika Anda mendapatkan pesan maupun pemberitahuan bahwa Anda diterima di perusahaan A padahal Anda tidak pernah melamar, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut adalah penipuan. Bagaimana mungkin Anda diterima jika belum mendaftar? Penipuan jenis ini biasanya banyak memakan korban para fresh graduate yang masih sangat minim pengalaman dalam dunia kerja.

Tidak Ada Wawancara

Sebelum diterima di suatu perusahaan, biasanya pelamar akan melalui beberapa tes dan prosedur yang harus dilalui. Salah satunya adalah sesi wawancara. Lapangan kerja pabrik juga biasanya akan ada sesi wawancara untuk lebih mengenal kepribadian calon karyawan. Jika Anda mendapat penawaran kerja namun tanpa adanya sesi wawancara, maka Anda harus sangat waspada karena kemungkinan besar itu adalah penipuan.