Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata di Era Teknologi

Era milenial seperti saat ini banyak dianggap sebagai salah satu pemicu terjadinya krisis kesehatan. Ya, banyaknya penyakit baru yang muncul dan penyakit lama yang semakin marak sering kali diyakini sebagai akibat dari banyaknya teknologi yang sebenarnya diciptakan untuk memudahkan hidup manusia. Salah satu hal yang patut diperhatikan ialah kesehatan mata sebagai akibat dari paparan radiasi barang-barang elektronik. Lantas, bagaimana cara menjaga agar mata tetap sehat meskipun harus menghadapi berbagai teknologi?

Terhindar dari Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget

Saat ini, penggunaan gadget sudah semakin banyak. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan smartphone dan komputer yang bahkan bisa dibawa kemana saja dengan sangat mudah. Hanya saja, paparan radiasi dari kedua perangkat tersebut sangat berisiko merusak mata. Oleh karenanya, disarankan Anda menggunakan kacamata anti radiasi yang banyak dijual di optik dan toko kacamata. Meskipun terbilang cukup mahal, namun demi investasi kesehatan tentu hal ini perlu dilakukan.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan tingkat intensitas penggunaan smartphone dan komputer. Ya, meskipun seharian Anda dituntut untuk bekerja di depan komputer, namun Anda juga perlu mengistirahatkan mata selama beberapa menit agar mata bisa lebih sehat. Kemudian, akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan smartphone sebelum tidur karena dapat membuat mata semakin perih dan malah merusaknya. Lakukan pijat mata secara perlahan agar lebih fresh.

Jangan pula menonton TV, bermain smartphone, atau bekerja dengan komputer pada jarak yang sangat dekat. Untuk penggunaan handphone dan komputer, disarankan minimal jarak 30 cm dengan sudut kemiringan yang sesuai. Begitu pula dengan televisi yang sebaiknya ditonton pada jarak kurang lebih 2 meter. Hal ini tentu akan sangat membantu untuk membuat mata tidak mudah lelah dan mencegahnya dari kerusakan.

Jika sudah merasa bahwa mata Anda bermasalah, jangan segan untuk datang ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan pula asal meneteskan obat mata jika terjadi gangguan penglihatan. Nah, semoga artikel ini bermanfaat!