Cara Efektif Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur di mana Anda mengalami susah tidur atau tetap terjaga pada malam hari. Gejala dari insomnia adalah sulit tidur, tidur tidak nyenyak, bangun saat masih tengah malam dan tak bisa kembali tidur, bangun terlalu pagi, saat bangun badan terasa lelah atau tak bertenaga hingga merasa mengantuk disiang hari. Kondisi tersebut dapat memicu hal buruk seperti mudah marah, selalu merasa lelah hingga sulit berkonsentrasi. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.

Tips Atasi Insomnia

  • Mengonsumsi obat tidur

Cara paling efektif untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi obat tidur. Obat yang dikonsumsi disarankan agar obat herbal karena jika obat kimia nantinya akan memberi efek samping.

  • Memilih warna dekorasi kamar yang tepat

Psikologi seseorang dipengaruhi salah satunya oleh warna ruangan yang ditinggalinya. Seseorang cenderung merasa lebih nyaman dan cepat tidur ketika berada dalam ruangan yang warnanya mereka sukai. Dengan demikian, pilihlah warna yang Anda sukai untuk kamar tidur Anda sendiri.

  • Kurangi cahaya berlebih

Gemerlap cahaya menjadi salah satu pemicu yang mengakibatkan insomnia, bahkan suatu penelitian mengatakan bahwa tidur dengan lampu yang menyala terang akan mengakibatkan terkena penyakit tertentu lainnya. Maka dari itu, lebih baik agar tidur di ruangan yang redup atau minim cahaya atau juga yang gelap. Satu hal yang penting berikutnya adalah jauhkan diri dari laptop, komputer, handphone atau alat elektronik lainnya yang memancarkan cahaya buatan yang mampu memancarkan sinyal agar otak tetap terjaga.

  • Pilih kasur yang sesuai

Pilihlah kasur yang sesuai dengan keinginan Anda, usahakan kasur tersebut nyaman untuk Anda gunakan. Kasur yang terlalu keras akan membuat Anda susah tidur serta ketika bangun biasanya badan akan mengalami pegal-pegal.

  • Jangan makan sebelum tidur

Agar cepat terlelap, disarankan untuk makan maksimal 45 sebelum tidur. Jika makanan masuk dalam tubuh, maka perut akan bekerja lebih aktif untuk mencerna makanan sehingga akan mengakibatkan gejala insomnia muncul.

Demikian itulah beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi insomnia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.