Cara Budidaya Ikan Yang Baik

Bagaimana cara budidaya ikan yang baik? Temukan jawabannya hanya di artikel ini. Saat Anda ingin beternak ikan, sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat kolamnya. Anda bisa saja menggunakan kolam yang terbuat dari terpal. Dengan terpal maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membuat kolam. Perhatikan cara membuat kolam berikut ini.

Siapkan terpal, kayu, dan besi. Kayu dan besinya harus terdapat lubang agar sirkulasi air yang masuk dan keluar bisa berjalan dengan lancar. Untuk membuat dasar kolam, maka Anda bisa menggunakan tanah atau batu bata yang ditumpuk dengan sekam agar permukaan dasar kolamnya lebih rata. Pinggiran terpal pun juga sebaiknya dikubur agar tidak ada kebocoran dan kain terpal pun tidak tertarik. Jika dasar kolamnya rata, maka perkembangan ikan pun akan baik dan hasil panennya pun juga cukup banyak.

Cara Budidaya Ikan Yang Mudah Dan Oke

Setelah kolam terpalnya sudah selesai dipasang, maka saatnya untuk membuat saluran air yang baik. Saluran air ini bisa mempertahankan air agar tetap jernih dan Anda tidak perlu menguras kolam. Dengan adanya saluran pada kolam terpal maka Anda juga bisa membuat sirkulasi udara pada kolam menjadi lebih baik. Hal ini akan mempengaruhi budidaya ikan Anda.

Gunakan pipa 1 inchi untuk membuat sirkulasi air pada kolam terpal Anda. Jangan lupakan pula penyaring serta pump air. Untuk membuat saluran buangan biasanya menggunakan pipa 5 hingga 10 inchi, namun Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Buatlah saluran air untuk saluran buangannya. Jika Anda ingin tes apakah terjadi kebocoran atau tidak, maka cobalah dengan mengisi air sedikit saja pada kolam terpal tersebut.

Jika kolam sudah pasti tidak ada kebocoran, maka saatnya untuk memberikan pupuk organik atau pupuk kandang. Setelah ditaburi, maka diamkan kolam sekitar 2 hingga 3 hari. Jika kolam terpal Anda sudah berwarna hijau maka tandanya sudah tumbuh plankton pada kolam Anda. Plankton akan sangat berguna untuk budidaya ikan Anda. Kunjungi penyuluhpi.blogspot.com untuk ternak ikan lebih lanjut.