Butuh waktu untuk Terbiasa Sholat Tahajud

Sebagai seorang Muslim, kita sudah sangat familiar dengan ibadah sunnah satu ini, yaitu ibadah sholat sunnah Tahajud yang mana hati kita harus benar-benar mantap untuk niat sholat Tahajud. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari setelah melaksanakan sholat Isya. Waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat Tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir dan waktu berakhirnya adalah hingga terbit fajar.

Hal yang perlu diketahui adalah ada aturan yang berlaku sebelum melaksanakan sholat Tahajud, yaitu dilaksanakan setelah sholat Isya dan sudah tidur sebelum bangun lagi pada tengah malam. Walaupun hanya tidur untuk waktu yang sebentar saja itu tidak masalah. Inilah yang sering kali menjadi masalah bagi orang yang masih belajar untuk mengistiqomahkan melaksanakan sholat Tahajud. Butuh penyesuaian yang cukup lama untuk bisa bangun di tengah malam seperti itu.

Keutamaan dan Keistimewaan Tahajud

Ada keutamaan dan juga keistimewaan yang amat tinggi. Ada banyak dalil-dalil yang mengungkapkan tentang keutamaan bangun saat dua pertiga malam dan melaksanakan sholat malam dengan niat sholat Tahajud. Ada pada surat Al-Muzammil, terutama pada ayat 20, yang memiliki arti bahwa ALLAH mengetahui dan mengenal setiap insan yang bangun pada waktu dua pertiga malam, sepertiga malam, dan juga seperdua malam. Kemudian ALLAH akan memberikan balasan berupa kebaikan-kebaikan baik itu di dunia maupun di akhirat, dan itu adalah pahala yang paling besar hitungannya. ALLAH pun akan mengampuni segala dosa umat yang melaksanakan tahajud.

Itu adalah fadhilah yang sangat besar dari melaksanakan sholat Tahajud. Kita diperbolehkan untuk melaksanakan sholat Tahajud lebih dari dua rokaat, semakin banyak semakin baik. Sebaiknya perbanyak dzikir pada waktu itu.

Usahakan Anda fokus dalam berdoa dan cobalah untuk berdiam diri selama beberapa saat agar Anda bisa menikmati keheningan malam yang syahdu sembari mengenali tanda-tanda kebesaran ALLAH pada saat itu. Syukuri segala sesuatu yang sudah Anda dapatkan dan Anda harus meluruskan niat sholat Tahajud Anda agar doa Anda sampai kepada ALLAH, dan niscaya akan dikabulkan segala permohonan dan diampuni segala dosanya.