Budidaya Ikan Gupy Sebagai Lahan Usaha Yang Menguntungkan

Ikan guppy atau yang dalam dunia ilmiah disebut dengan Poecilia reticulate merupakan salah satu jenis ikan hias tropis yang juga memiliki banyak peminat. Ikan ini di pasaran ikan hias diminati oleh banyak penghobi ikan hias karena penampilannya yang sangat indah. Ikan ini memiliki bentuk ekor yang menarik serta warna dan corak tubuh yang sangat cantik, meskipun dengan ukuran tubuh yang relatif kecil. Permintaan akan ikan hias jenis ini pun selalu meningkat, maka dari itu, membudidayakan ikan hias jenis guppy akan menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Untuk mengembangbiakkan ikan jenis ini pun tidaklah terlalu sulit, malah ikan ini cenderung mudah untuk dikembangbiakkan karena ikan ini memiliki siklus berkembang biak yang cepat.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Membudidayakan Ikan Guppy

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa ikan hias guppy ini mudah sekali untuk berkembang biak sehingga membudidayakan ikan jenis ini akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh ikan guppy sendiri terbilang cukup bagus. Mereka dapat bertahan hidup dengan baik dalam berbagai macam kondisi air. Selain itu, ikan guppy ini ternyata mudah dibudidayakan karena kita tidak membutuhkan terlalu banyak sarana yang rumit. Selain itu, frekuensi berkembang biak yang tinggi juga menambah kemudahan dari usaha budidaya ikan hias guppy ini.

Selayaknya mengembangbiakkan ikan jenis lain, kita harus bisa memahami terlebih dahulu bagaimana cara memilih indukan yang baik, agar nantinya hasil budidaya kita berkualitas baik pula. Selain itu, pengetahuan mengenai ciri-ciri indukan jantan dan betina juga diperlukan. Ikan ini sebetulnya mudah sekali dibedakan antara ikan jantan dan betinanya. Ikan jantan memiliki bentuk ekor yang panjang dan menjuntai, disertai warna cerah dan corak yang indah. Sebaliknya, ikan betina tampak lebih besar dari ikan jantan karena perut ikan betina yang buncit, serta warna tubuh ikan betina juga tidak mencolok dan cenderung kusam juga pucat. Penting juga untuk memilih indukan yang sehat supaya nantinya keturunan yang mereka hasilkan juga sehat dan tidak cacat.