Berbagai Macam Menu Dalam Nasi Tumpeng

Sajian nasi tumpeng sederhana menjadi sebuah pilihan terutama di setiap acara penting seperti acara ulang tahun atau memperingati kejadian-kejadian penting. Nasi tumpeng menjadi sajian wajib yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi di setiap wilayah Indonesia yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan. Sajian yang cukup sederhana ini biasanya memiliki ciri khusus seperti nasi yang dibentuk mengerucut. Selain itu lauk pendamping yang sangat bervariasi sebagai pelengkapnya.

Menu Penyusun Nasi Tumpeng Sederhana

Dengan sebutannya nasi tumpeng, tentu saja nasi menjadi bahan utama dalam pembuatannya. Nasi yang kini digunakan lebih bervariasi untuk menambah cita rasa. Selain itu, penggunaan nasi bisa dengan membuatnya menjadi nasi kuning atau nasi uduk yang memiliki rasa gurih dibanding nasi biasa. Dalam pembuatannya juga tidak diharuskan membentuk kerucut, namun bisa juga membentuk kreasi yang lebih menarik agar nasi tumpeng tidak membosankan dan masih diminati oleh masyarakat sekarang.

Menu lain untuk menyusun nasi tumpeng sederhana adalah berbagai macam sayuran yang sudah dibumbui. Sebagaimana kebiasaan orang Indonesia yang selalu menghidangkan makanan dengan ditemani berbagai macam sayuran. Campuran sayuran tersebut tentu saja membuat nasi tumpeng menjadi lebih sehat dan segar untuk dipandang.

Tidak lupa dengan lauk lain seperti ayam goreng, tahu dan tempe, perkedel kentang, dan lain sebagainya. Menu pelengkap tersebut bisa disajikan dengan berbagai macam variasi. Tidak perlu repot-repot dalam menghidangkannya, karena sekarang ini nasi tumpengĀ  tidak lagi terpaku pada resep lama, seperti contoh ayam yang dulu digunakan harus di ungkep terlebih dulu dengan bumbu kuning, kemudian baru digoreng. Sedangkan sekarang bebas berkreasi dan disesuaikan dengan selera.

Tidak lupa juga sebagai pelengkap ditambahkan sambal yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia yang kurang sempurna makannya jika tidak ditemani sambal. Sekarang ini sambal yang digunakan juga sangat bervariasi dan tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera sehingga menambah cita rasa nasi tumpeng. Aneka menu tersebut bisa juga diganti dengan menu lain , yang jelas harus sesuai selera dan menambah cita rasa walaupun hanya nasi tumpeng sederhana saja.